-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Lagu Hari Kemerdekaan Versi Papua, Mahfud MD: Enak Dinikmati

Tuesday, August 18, 2020 | 10:39 AM WIB Last Updated 2020-08-18T03:39:40Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) - Menko Polhukam Mahfud MD mengunggah video warga Papua sedang menyanyikan lagu Hari Kemerdekaan versi bahasa Papua. Lagu yang indah di Bumi Cenderawasih.




"Lagu Hari Kemerdekaan dinyanyikan dengan sedikit irama dan dialek Papua. Enak juga dinikmati. Warga Papua siap membela negara kita. Yakni Indonesia yang merdeka tanggal 17 Agustus 1945," kata Mahfud MD.

Bumi Papua masih diselimuti upaya dari sebagian kecil warganya yang ingin lepas dari NKRI. Karena itu banyak tokohnya menanamkan jiwa patriotisme cinta NKRI antara lain lewat lagu kebangsaan Indonesia. Selain lagu Hari Kemerdekaan, tentu saja lagu kebangsaan Indonesia Raya karya WR Soepratman.

Dan tokoh yang mempopulerkan lagu Indonesia Raya di wilayah Papua adalah Frans Kaisiepo. Frans Kaisiepo adalah pahlawan nasional bangsa Indonesia yang lahir di Papua di tahun 1921 dan meninggal di tahun 1979. Ia adalah tokoh yang pertama kali memunculkan nama IRIAN di masa silam.

Mengutip dari Brainly.co.id,
selain dikenal aktif dalam berbagai partai di Papua, Frans Kaisiepo juga tercatat sejarah sebagai tokoh yang pernah menjabat sebaga Gubernur Papua dengan masa pemerintahan yang dimulai tahun 1964 hingga 1973.

Untuk mengenang semua jasa Frans Kaisiepo, namanya pun diabadikan menjadi nama dari Bandara Udara di Kota Biak. Selain itu, sosoknya pun tercetak di salah satu lembaran rupiah. (gas)
×
Berita Terbaru Update