-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa Indonesia di Tengah Siberia, Rusia, Antusias Rayakan Peringatan HUT Ke-75 RI

Wednesday, August 19, 2020 | 6:46 AM WIB Last Updated 2020-08-18T23:46:42Z

 



TOMSK (DutaJatim.com) - Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75 masih dirasakan semangatnya oleh masyarakat. Segera setelah upacara penurunan bendera di KBRI Moskow, Wakil Duta Besar Republik Indonesia, Azis Nurwahyudi, langsung  menyapa mahasiswa Indonesia di kota Tomsk yang berjarak 3.200 kilometer dari kota Moskow.

Pada kesempatan ini, KBRI Moskow menyapa mahasiswa Indonesia yang belajar di kota Tomsk, Siberia, yang tersebar di berbagai universitas. Saat ini terdapat 60 mahasiswa Indonesia dengan berbagai latar belakang yang menempuh pendidikan di kota Tomsk. 

Banyak dari mahasiswa Indonesia menempuh pendidikan di Universitas Negeri Tomsk yang merupakan universitas peringkat empat terbaik di Rusia dan masuk dalam peringkat dua ratus besar dunia berdasarkan QS World University Rankings tahun 2021.

Para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Permira menyiapkan serangkaian kegiatan lomba, seperti lomba berbusana bernuansa kemerdekaan, lomba vlog, serta lomba beropini untuk kemajuan bangsa Indonesia. 

Lomba ini diikuti dengan antusias oleh mereka. Merry Yofita Tarigan, mahasiswi Indonesia tingkat S2 Tomsk State Pedagogical University jurusan Pendidikan Dasar, memenangkan lomba berbusana bernuansa kemerdekaan dengan menorehkan cat wajah berwarna merah putih di wajahnya.

Seorang mahasiswa S2 jurusan Geologi, Gurat, juga memenangkan lomba memberikan opini dan pertanyaan kepada KBRI Moskow. Pada kesempatan tersebut, terjadi diskusi interaktif antara para mahasiswa dengan KBRI Moskow. 

Dalam kesempatan ini, Azis Nurwahyudi menyampaikan imbauan kepada mahasiswa untuk tetap menjaga kekompakan dalam berorganisasi. Azis juga memberikan semangat kepada mahasiswa untuk terus mencintai tanah air, merawat keberagaman dan kebhinekaan, serta terus menjaga persatuan. Selain itu juga, disampaikan perlunya mahasiswa terlibat dalam organisasi agar dapat menyiapkan diri secara dini sebelum terjun ke dunia kerja. 

Ketua Permira cabang Tomsk, Gokma Tua Sahat Sinaga, menyampaikan rasa gembiranya bahwa KBRI Moskow memberikan  perhatian khusus kepada para mahasiswa yang tengah belajar di kota ini dan memenuhi undangan untuk hadir bersama.

Acara peringatan HUT RI Ke-75 ditutup dengan membagikan hadiah lomba serta acara ramah tamah bersama mahasiswa Indonesia. (Gatot Susanto)
×
Berita Terbaru Update