Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Media Pakistan Berperan Tingkatkan Hubungan Bilateral Indonesia-Pakistan

Thursday, August 27, 2020 | 20:45 WIB Last Updated 2020-08-27T13:45:42Z

 


ISLAMABAT (DutaJatim.com) -  Jurnalis Pakistan berperan memperkuat hubungan Indonesia dan Pakistan. Mereka menjadi jembatan penghubung dua budaya, membangun peluang kerja sama untuk tujuan kemakmuran bersama.

Dubes Iwan Amri di hadapan puluhan wartawan senior media cetak dan elektronik Pakistan, mengatakan, bahwa 
selama bertugas di Pakistan dalam empat tahun lima bulan, dirinya merasakan kuatnya hubungan kedua negara saat ini antara lain karena peran media. 

Hal ini disampaikan Dubes Iwan dalam kesempatan Journalist Gathering di Aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad, Selasa 25 Agustus 2020. Acara jamuan makan siang itu diadakan sebagai bentuk penghargaan atas peran wartawan Pakistan sebagai mitra KBRI selama ini sekaligus menjadi salam perpisahan Dubes Iwan. 

"Sebagai diplomat dan Duta Besar RI di Pakistan yang ke-20, tugas saya adalah mendekatkan dan memajukan hubungan bilateral kedua negara," demikian Dubes Iwan. 

Untuk itu, kerja sama dengan media menjadi penting karena fungsinya yang mendorong sebuah peluang kerja sama menjadi wujud nyata. 

Wartawan senior Pakistan yang menghadiri gathering mengapresiasi peningkatan hubungan kerja sama kedua negara selama ini. Dikatakan bahwa dalam 4 tahun terakhir volume perdagangan bilateral mengalami peningkatan besar dari US$ 2,1 miliar pada tahun 2016 menjadi US$ 3,1 pada tahun 2018 yang dinilai sebagai pencapaian yang signifikan. Kedutaan Besar Indonesia bekerja secara ekstensif dengan berbagai kamar dagang dan industri Pakistan untuk menjalin hubungan perdagangan antara kedua negara. 

Dubes Iwan menekankan pentingnya Indonesia dan Pakistan terus bekerja sama untuk hubungan perdagangan yang berkelanjutan.

Media Pakistan menilai sukses inisiatif KBRI untuk mendorong peningkatan arus wisatawan Pakistan ke Indonesia melalui program Familiarization Trip 'Wonderful Indonesia'. Setiap tahun jurnalis, blogger dan travel writer terkemuka yang terpilih diberi kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata potensial Indonesia, dan sekaligus merasakan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia. 

Di bidang pendidikan, saat ini banyak pelajar Pakistan yang terdaftar di berbagai universitas di Indonesia, jumlah pemuda Indonesia yang masuk ke universitas Pakistan juga meningkat dan bahkan pelajar perempuan Indonesia lebih memilih belajar di institusi pendidikan tinggi Pakistan.

Menutup acara pertemuan dengan wartawan, Dubes Iwan mengutip kembali ucapan Presiden Arif Alvi kepadanya saat berpamitan, "Anda sekarang akan menjadi Duta Besar Pakistan di Indonesia." Kata-kata Presiden Alvi mendorongnya untuk turut berperan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara meski telah pensiun. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update