-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemuda Ethiopia Ucapkan Selamat HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Saturday, August 15, 2020 | 5:25 AM WIB Last Updated 2020-08-14T22:25:17Z

 


ADDIS ABABA (DutaJatim.com) - 
Kalewongel Tesfaye dan Mahlet Fekade, dua tokoh pemuda Ethiopia, mengucapkan selamat ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Keduanya juga mendoakan semoga negara dan bangsa Indonesia jaya selalu. 

Hal itu dikatakan pemuda Afrika tersebut dalam pertemuan khusus dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika di Addis Ababa, Jumat (14/8/2020).

Kalewongel, CEO Youth to Youth, yang juga founder Ethiopia-Indonesia Youth Association (EIYA) itu, mengatakan, dia  ingin sekali kembali menghadiri upacara peringatan HUT RI bersama-sama pemuda Ethiopia lainnya seperti tahun lalu. Namun karena adanya pandemic Covid-19 dan protokol yang harus diikuti, mereka tidak bisa menghadiri upacara bendera di Gedung KBRI.

Sebelumnya Kalewongel menghadiri Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) di Bali, mengadakan pertemuan dengan tokoh pemuda Indonesia di Jakarta dan berkunjung ke Museum Asia Afrika (MKAA) di Bandung tahun 2019.  

Hal itu dibenarkan oleh Duta Besar Al Busyra Basnur bahwa tahun ini KBRI Addis Ababa tidak dapat mengundang pemuda dan sahabat Indonesia lainnya di Ethiopia untuk menghadiri upacara peringatan HUT RI. Padahal banyak masyarakat Ethiopia ingin menyaksikan upacara bendera tersebut. 

“Tahun 2019 yang lalu, sekitar seratus tokoh pemuda, pengusaha, dan sahabat Indonesia di Ethiopia dari berbagai kalangan menghadiri upacara bendera di KBRI. Namun, tahun ini kami tidak mengundang mereka karena situasi pandemik Covid-19,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur.

“Upacara HUT RI tahun ini di KBRI Addis Ababa hanya diikuti oleh staf dan keluarga KBRI serta beberapa masyarakat Indonesia, yang tentu saja sesuai dengan protokol setempat” tambahnya.  

Kehadiran tokoh pemuda Ethiopia pada upacara peringatan HUT RI tahun lalu, menambah semarak upacara HUT RI di Addis Ababa. Mereka bahkan memakai pakaian tradisional Ethiopia menyaksikan upacara tersebut. (Gatot Susanto)
×
Berita Terbaru Update