-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Optimalkan Kegiatan Dana Desa, Babinsa Intens Dampingi PKT Talunrejo

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 18.09 WIB Last Updated 2020-10-10T13:52:49Z

 




LAMONGAN (DutaJatim.com) – Batih Tuud Koramil 0812/07 Batur Pelda Hadi Supriyanto bersama anggota Koramil Bluluk lainnya mendampingi kegiatan Program Padat Karya Tunai (PKT) agar bisa berjalan optimal Sabtu (10/10/2020). Kegiatan ini menggunakan dana desa.

PKT kali ini dengan obyek pembangunan jalan di Dusun Godok Majenon Desa Talunrejo. Pembuatan jalan dusun sepanjang 350 meter ini diarahkan untuk sektor bidang pembangunan dan rehabilitasi sarana prasarana pedesaan.


Sementara, Sutikno Kepala Desa (Kades Desa) Talunrejo menyampaikan, bahwa pembuatan jalan desa ini bertujuan untuk meningkatkan akses penggunaan jalan Desa Talunrejo tepatnya Dusun Godok Majenon.

Menurut Sutikno, pelaksanaan kegiatannya juga ada yang produktif seperti pariwisata, ekonomi kreatif, pengembangan potensi ekonomi lokal, pengelolaan hasil produksi pertanian, serta pengelolaan usaha jasa dan industri.

"Hal ini untuk mendukung pelaksanaan Program Padat Karya Tunai di Desa serta melaksanakan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Penyelarasan dan Penguatan Kebijakan  yang ada“,ujarnya.

Ditambahkan, dari sisi penganggaran dan pengalokasian, Pemerintah memperbaiki kebijakan distribusi Dana Desa yang lebih difokuskan pada upaya mendukung pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan penyediaan sarana dan prasarana pelayanan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Babinsa Desa Talunrejo Kecamatan Bluluk Serda Subkhi mengatakan, sisi penggunaannya mempertajam skala prioritas kegiatan pekerjaan Dana Desa (DD) yang berfokus pada tiga hingga lima kegiatan, yang dilakukan melalui mekanisme swakelola, pemanfaatan bahan baku lokal, dan melalui skema padat karya tunai yang produktif.

Lebih lanjut, dari sisi pembinaan dan pengawasan, perlu dilakukan penguatan pembinaan dan pengawasan, baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan aparat pengawas fungsional di daerah. "Termasuk  masyarakat desa setempat," tegasnya. (ful)
×
Berita Terbaru Update