-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

RSUD dr Soetomo Raih Penghargaan RS Paling Berkomitmen JKN, Gubernur Khofifah: Ini Wujud Komitmen Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat

Rabu, 14 Oktober 2020 | 19.53 WIB Last Updated 2020-10-14T13:31:40Z


JAKARTA (DutaJatim.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik Pemprov Jawa Timur,  RS dr Soetomo Surabaya, berhasil meraih penghargaan tingkat nasional dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai Rumah Sakit Paling Berkomitmen Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)  Kategori Kelas A. 


Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual dan disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy, pada acara Pertemuan Nasional Manajemen Fasilitas Kesehatan Tahun 2020 yang digelar secara virtual di Jakarta, Rabu  (14/10/2020).


Terkait penghargaan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur. Dia pun menyampaikan terima kasih  dan apresiasi kepada tim manajemen RS dr Soetomo (RSDS) yang telah bekerja keras memaksimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Juga kepada  tim penilai yang telah memutuskan  RSUD dr Soetomo sebagai pemenang dalam penilaian Rumah Sakit paling berkomitmen dalam  Pelayanan Kesehatan Nasional.


Menurut Khofifah, penghargaan ini adalah wujud komitmen Pemprov Jatim pada  pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Alhamdulilah, ini  merupakan hadiah bagi Pemprov Jatim yang sedang HUT ke - 75.  Semoga, dengan diraihnya penghargaan ini akan semakin meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi  masyarakat Jatim. Utamanya, di tengah pandemi Covid-19 yang  belum berakhir,” ungkap Gubernur Jatim yang akrab disapa Khofifah ini saat ditemui di tengah kunjungan kerjanya di Jakarta, Rabu (14/10/2020).


Penghargaan ini, kata Gubernur,  akan mendorong  motivasi dan semakin memacu RSUD dr Soetomo untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. "Dan tentunya, bisa menjadi contoh bagi RS lain yang ada di Jatim sehingga bisa terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kesehatan  agar semakin baik ke depannya,” tandasnya.


Sementara itu, Direktur RSUD dr Soetomo, Joni Wahyuhadi, mengatakan, bahwa penghargaan tersebut bisa diperoleh tak lain berkat dukungan dan bimbingan dari Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekdaprov Jatim. Selain itu, juga atas dukungan semua pihak termasuk Kementerian Kesehatan dan para donatur sehingga berbagai inovasi dan riset bisa dikembangkan di RSUD dr. Soetomo.


“Kami sangat bersyukur bisa memperoleh penghargaan ini, dan tentunya semua ini bisa kami peroleh berkat bimbingan dan dukungan dari Ibu Gubernur, Bapak Wakil Gubernur, serta Bapak Sekdaprov Jatim,” terang Joni.


Joni menjelaskan, bahwa sebelumnya RSUD dr Soetomo harus bersaing dengan RS Tipe A di seluruh Indonesia. Hingga, tersisa tiga besar yaitu RSUD dr Soetomo, RSCM Jakarta, dan RS dr Soerojo Magelang. Kemudian, ketiga RS tersebut diminta untuk presentasi secara virtual terkait layanan RS termasuk pelayanan Covid-19, serta tim penilai juga melakukan survey secara langsung ke masing-masing RS.


“Jadi saat presentasi kami menyampaikan berbagai inovasi yang ada di RSUD dr Soetomo. Dan salah satunya yaitu Layanan Informasi dan Edukasi Ruang Isolasi Khusus (LINE RIK), di mana implementasinya semua berbasis teknologi,” ungkap Joni yang juga sebagai Ketua Gugus Kuratif Satgas Covid-19 Jatim.


Joni mengaku, bahwa salah satu faktor yang menyebabkan terpilihnya RSUD dr. Soetomo adalah karena adanya inovasi LINE RIK. Di mana, keberadaan inovasi selain untuk edukasi keluarga pasien Covid-19 juga untuk menjaga physical distancing sehingga efektif mengurangi penularan dari keluarga yang OTG (Orang Tanpa Gejala) kepada tenaga kesehatan.(gas)


×
Berita Terbaru Update