Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Berbisnis Dengan Afrika? Datanglah, Jangan Hanya Mendengar!

Friday, November 20, 2020 | 02:58 WIB Last Updated 2020-11-19T19:58:02Z

 



ADDIS ABABA (DutaJatim.com) - 
Potensi kerjasama ekonomi Indonesia dengan negara-negara Afrika sangat besar. Afrika adalah tempat strategis dan pasar yang sangat menjanjikan untuk berdagang atau berinvestasi. Karena jumlah penduduk Afrika 1,3 miliar, pertumbuhan ekonomi tinggi dan negara-negara di Afrika mendapat banyak kemudahan ekspor oleh berbagai negara maju Eropa dan Amerika. 


Namun untuk memanfaatkan pasar besar Afrika, pengusaha atau pelaku bisnis Indonesia sebaiknya datang untuk melihat langsung potensi Afrika, jangan hanya mendengar kata orang atau kabar dari jauh. Melihat langsung akan membuat percaya, untuk kemudian memulai usaha.


Hal itu mengemuka dalam Bisnis Forum virtual bertajuk “Menuju Pasar Afrika, Perspektif dan Pengalaman Pelaku Bisnis Indonesia di Afrika,” yang dipandu oleh Evita Chaesara, seorang diplomat muda Indonesia. Forum tersebut diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI Addis Ababa bekerjasama dengan Direktorat Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (18/11/2020). 


Hadir sebagai pembicara adalah Irman Adi Purwanto Moefthi, Atase Perdagangan RI di Kairo; Bagus Wicaksena, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos, Nigeria, dan Anggun Paramita Mahdi, Kepala ITPC Johannesburg, Afrika Selatan. 




Sedangkan pembicara pelaku bisnis Indonesia di Ethiopia adalah Rudy Dharmawan, General Manager Salim Wazaran Yahya Plc. anak perusahaan Indofood Sukses Makmur Tbk dan Adrianto Juliar Salam, Deputy General Manager Salim Wazaran Yahya Plc.


Ketika membuka secara resmi forum bisnis tersebut, Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika mengatakan bahwa forum yang dihadiri sekitar 180 orang dari berbagai daerah Indonesia itu, bertujuan mendorong pelaku bisnis Indonesia untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dengan negara-negara Afrika. 


“Pada tahun 2019, terdapat 6 negara di Afrika yang masuk dalam 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, yaitu Rwanda 8,7%, Ethiopia 7,4%, Pantai Gading 7.4%, Ghana 7,1%, Tanzania 6.8% dan Benin 6.7%,” tambah Al Busyra. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update