Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pertukaran Pemuda Antar Negara Tingkatkan SDM dan Diplomasi Indonesia

Saturday, November 28, 2020 | 22:20 WIB Last Updated 2020-11-28T15:21:44Z

 


ADDIS ABABA (DutaJatim.com) -Pemerintah, DPR dan berbagai lembaga non-pemerintah diharapkan terus memperkuat komitmen untuk memperluas jangkauan negara partner kerjasama program pertukaran pemuda antar negara. Karena program pemuda internasional ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, namun juga untuk mendukung penyelenggaraan diplomasi Indonesia. 

Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika di Addis Ababa ketika berbicara secara virtual dihadapan para alumni pertukaran pemuda antar negara pada Rembuk Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Sabtu (28/11/2020). 

Rembuk PPAN itu diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga, diikuti oleh alumni berbagai program pemuda internasional yang diselenggarakan Indonesia sejak 1973, baik yang berada di pusat maupun di daerah.



Lebih lanjut Al Busyra yang juga mantan aktifis pemuda dan pernah mengikuti program pertukaran pemuda Indonesia-Kanada sebagai peserta tahun 1984-1985 dan group leader tahun 1986-1987 mengharapkan agar ke depan materi program pertukaran pemuda internasional terus bisa disesuaikan dengan prioritas diplomasi dan politik luar negeri Indonesia terutama di bidang ekonomi. Demikian pula halnya dengan negara-negara partner kerjasama perlu juga mengacu kepada prioritas kawasan. 

“Pada pertengahan tahun 2020, KBRI Addis Ababa bersama stakeholders di Indonesia berencana menyelenggarakan program pertukaran pemuda Indonesia-Ethiopia berbasis start-up business, namun harus ditunda karena pandemic Covid-19. Juni 2019 lalu, KBRI juga menyelenggarakan 1st Indonesia-Ethiopia Young Entrepreneurs Forum guna meningkatkan konektifitas pemuda Indonesia dengan Ethiopia,” tambah Al Busyra. 

Rembuk PPAN yang berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu tersebut, dibuka secara resmi oleh Asrorun Ni’am Sholeh, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kemenpora. Sementara pembicara lain adalah Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua DPR, alumni pertukaran pemuda antar negara Azwar Hasan dan Tyovan Ari Widagdo serta Dinna Prapto Raharja. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update