Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dubes RI di Moskow Luncurkan Indonesia-Russia Youth Association, Jembatan Pemuda Dua Negara

Wednesday, December 30, 2020 | 06:01 WIB Last Updated 2020-12-29T23:01:52Z

 

Ketua IRYA, Alfachreza Azure, mahasiswa Indonesia di Rusia dan Nikita S. Kuklin, akademisi/pecinta Indonesia, pada acara peluncuran IRYA di KBRI Moskow (29/12/2020)


MOSKOW (DutaJatim.com) - Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Jose Tavares, meresmikan Indonesia-Russia Youth Association (IRYA). IRYA merupakan salah satu wadah perhimpunan yang menjembatani hubungan generasi muda Indonesia dengan Rusia.

Peluncuran dilakukan dalam pertemuan yang berlangsung hybrid, yaitu secara langsung dan daring antara Dubes Jose Tavares dengan pengurus IRYA dan mahasiswa Indonesia di Rusia yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) pada Selasa (29/12/2020).

Dubes Jose Tavares hadir dalam pertemuan tersebut didampingi Wakil Duta Besar, Azis Nurwahyudi, dan pejabat KBRI Moskow lainnya. Beberapa perwakilan Permira di Moskow dan juga IRYA turut hadir di KBRI Moskow dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Dubes Jose Tavares menyampaikan pembentukan IRYA sangat tepat untuk lebih giatkan people-to-people contact, khususnya antara generasi muda Indonesia dan Rusia. Peluncuran IRYA juga bertepatan dengan suasana peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia tahun 2020.

"IRYA sangat penting sebagai jembatan hubungan antara bangsa Indonesia dan Rusia,” kata Dubes Jose Tavares. “Ini merupakan bagian dari bukti eratnya hubungan Indonesia dengan Rusia, tidak saja di kalangan pemerintah, tetapi juga di kalangan pemuda kedua negara,” tambah Dubes Jose Tavares.

Dubes Jose Tavares menekankan bahwa peran generasi muda, khususnya mahasiswa, sangat besar dalam pengembangan hubungan antar bangsa. Pembentukan IRYA dipelopori oleh para generasi muda Indonesia di Rusia yang merupakan mahasiswa Indonesia di Rusia, dan generasi muda Rusia yang juga mahasiswa dan akademisi, serta pecinta Indonesia. Dubes Jose Tavares menambahkan bahwa IRYA dan Permira dapat bersinergi untuk lebih mempererat hubungan kedua bangsa.

Ketua IRYA, Alfachreza Azure, mengatakan IRYA diharapkan dapat menjadi bagian dari diplomasi kedua bangsa. Anggota IRYA tidak hanya mahasiswa saja, tetapi juga generasi muda lainnya, seperti dari kalangan profesional. 


Dua orang perwakilan IRYA yang turut hadir merupakan generasi muda Rusia, yaitu Nikita S. Kuklin, seorang akademisi dan Elvira Gaynulinna dari kalangan profesional. Nikita bahkan hadir dalam pertemuan ini menggunakan batik.

“Kita ingin menjembatani pemuda kedua bangsa supaya semua yang kita aspirasikan dapat tersalurkan, baik melalui hubungan baik antara Indonesia dengan Rusia, maupun kegiatan-kegiatan diplomasi yang berupa soft power diplomacy”, kata Alrachreza, mahasiswa 
Indonesia program S2 Hubungan Internasional dari Peoples’ Friendship University of Russia (RUDN University) di Moskow.

Hubungan Indonesia dan Rusia terus berkembang, antara lain di bidang pendidikan dan people-to-people contact. Setiap tahun jumlah mahasiswa Indonesia di Rusia bertambah. 

Pertemuan Dubes Jose Tavares dengan Indonesia-Russia Youth Association/IRYA dan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia/Permira (29/12/2020)



Sebagian besar mahasiswa Indonesia tersebut belajar melalui program beasiswa pemerintah Rusia. Saat ini tercatat lebih dari 700 orang mahasiswa Indonesia yang tersebar di 38 kota di Rusia, dari Kaliningrad di wilayah paling barat, hingga Vladivostok di wilayah paling timur. Rusia yang merupakan negara terbesar di dunia ini memiliki 11 zona waktu.

Para mahasiswa Indonesia di bawah naungan Permira yang hadir secara virtual berasal dari berbagai kota di Rusia, seperti Moskow, St. Petersburg, Samara, Ufa, Rostov, Kazan, Arkhangelsk, Voronezh, Belgorod, Yoshkar-Ola. 

Hadir juga para mahasiswa dari Rusia bagian tengah, seperti Yekaterinburg, Tomsk, dan Irkutsk. Selain itu, hadir mahasiswa yang berada di Vladivostok, bagian paling timur Rusia yang memiliki perbedaan waktu 7 jam lebih cepat dari Moskow.

Ketua Permira Pusat, Teguh Imanullah yang kuliah di kota Belgorod, mengatakan Permira telah berdiri 22 tahun dan terus berupaya menjaga persatuan dan persaudaraan sesama mahasiswa Indonesia di Rusia. 


Selain tugas belajar, mahasiswa juga berperan dalam mempromosikan Indonesia di Rusia dan menjadi bagian dari hubungan Indonesia dengan Rusia. Peran dan perhatian KBRI Moskow sangat besar terhadap mahasiswa dan Permira.  

“Para mahasiswa saling membantu satu sama lainnya, seperti pada masa pandemi Covid-19 ini dengan dibentuknya Satgas Covid-19,” kata Teguh.  

Dalam pertemuan yang dimoderatori oleh Enjay Diana, Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Moskow ini diselenggarakan juga dialog interaktif antara Dubes Jose Tavares dengan para mahasiswa anggota Permira dan juga perwakilan IRYA.

Dubes Jose Tavares berpesan kepada mahasiswa Indonesia di Rusia untuk senantisa menjaga kesehatan diri dan mematuhi protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Dubes Jose Tavares mengimbau para mahasiswa Indonesia di Rusia untuk selalu menjaga persatuan, kesatuan, nama baik bangsa Indonesia, dan belajar dengan baik untuk mencapai cita-cita.

“Selamat Tahun Baru 2021,” pungkas Dubes Jose Tavares. (Gatot Susanto)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update