-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Budi Daya Lebah Klanceng Lebih Menjanjikan

Monday, January 11, 2021 | 4:08 PM WIB Last Updated 2021-01-11T09:08:36Z

 


BANYUWANGI (DutaJatim.com)  - Sangat bernilai ekonomis. Budi daya lebah Klanceng sangat menjanjikan.


Kurang lebih setahun ini warga Dusun Krajan, Desa  Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, melakukan budidaya madu jenis lebah Klanceng Trigona. Untuk budi daya lebah ini mereka menggunakan media kotak yang terbuat dari kayu. Hasilnya sungguh menguntungkan.


Peter seorang pembudidaya lebah madu klanceng saat ditemui di lokasi usahanya Senin 11 Januari 2021, mengatakan, dalam perkotaknya bisa menghasilkan 1 - 2 liter madu jenis klanceng dalam waktu selama 3 (tiga) bulan.


Namun, semuanya tergantung dari faktor cuaca. Dengan intensitas curah hujan yang sangat tinggi reproduksi tawon madu jenis klanceng sangat berpengaruh. 


" Rata - rata minimal bisa menghasilkan 1 (satu) liter madu. Jika cuaca bagus bisa menghasilkan lebih dari itu. Saat ini yang dibudidaya ada sebanyak 16 kotak, dengan sistem tradisional dan budidaya secara alami," ungkapnya.


Ke depan, dia akan terus mengembangkan usaha budidaya madu lebah klanceng ini. Mengenai pangsa pasar pembeli dari hari  ke hari terus mengalami peningkatan karena jumlah reproduksinya terbatas. (tyo)
×
Berita Terbaru Update