Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jalankan Aturan PSBB, MTQ XIV PW JQHNU Jatim Kapolda Cup Digelar Virtual

Tuesday, January 12, 2021 | 06:56 WIB Last Updated 2021-01-11T23:56:23Z

 

Dewan juri sedang menilai para peserta yang tampil secara virtual. Tampak ruang dewan juri MTQ yang disetting sesuai Prokes ketat.

BANGKALAN (DutaJatim.com) – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil al-Quran (MTQ) XIV Pengurus Wilayah Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz NU Jawa Timur (PW JQHNU Jatim) digelar secara virtual. Meski demikian, pelaksanaan MTQ yang memperebutkan trofi Kapolda Jatim ini berlangsung khidmat.

Kegiatan yang diikuti perwakilan qori-qoriah dan huffadz di masing-masing PC JQHNU di Jatim ini, tetap bisa melantunkan ayat-ayat Suci Al-Quran dengan lancar, melalui program zoom yang difasilitasi pihak kepolisian di masing-masing Polres di Jatim. Tentunya dengan menerapkan protocol kesehatan (Prokes) ketat.

“Tahun ini kita gelar secara virual, karena bersamaan dengan pandemi Covid-19 apalagi saat ini pemerintah telah menerapkan PSBB Jawa-Bali. Jadi kita kerjasama dengan polres-polres untuk memfasilitasi peserta melalui virtual sehingga pelaksanaan MTQ ini tetap bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata H Musyafak, Ketua Pelaksana MTQ XIV PW JQHNU Jatim Kapolda Cup, di sela-sela pembukan MTQ di Pondok Pesantren Al Hamidiyah Sen-asen Konang, Bangkalan, Senin sore (11/1/2021).

Sementara dari pantauan di lokasi acara, panitia Bersama pihak Ponpes Al Hamidiyah terlihat cukup ketat memberlakukan Prokes. Bahkan panggung yang sedianya akan dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Nico Afinta Karo-Karo SIK, SH, MH hanya terlihat belasan kursi yang disediakan panitia, tentunya dengan penerapan jaga jarak. Tidak hanya itu, para juri yang hadir di lokasi juga tetap menerapkan prokes ketat. 


Meski demikian, pelaksanaan tetap dilaksanakan secara virtual. “Kita menghormati dan mentaati aturan dari pemerintah. Demi menjaga kesehatan bersama, maka semua pelaksanaan digelar secara virtual. Termasuk pembukaan yang sedianya dihadiri Kapolda Jatim, dan pejabat Forkompinda Jatim akhirnya kita batalkan dan dilaksanakan melalui program zoom,” kata Musyafak.


Keputusan panitia MTQ XIV Kapolda Cup disambut baik Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Nico Afinta Karo-Karo. Dalam sambutan pembukaan acara, Nico berharap pelaksanaan MTQ yang digelar virtual tidak mengurangi makna dan kekhidmatan untuk menjalin silaturrahim. 


“Saya memiliki harapan MTQ Kapolda Cup ini dapat membudaya di tengah masyarakat. Selain untuk syiar, kegiatan ini juga dapat mewarnai wajah umat di Indonesia khususnya di Jawa Timur,” harap Nico. 


Dengan demikian, kata Nico, kandungan ayat suci Al-Quran dapat lebih dipahami masyarakat. “Tujuan dari kegiatan ini sebagai syiar dan dakwah tentang bagaimana kita membumikan kitab suci sebagai nafas kita, dan pegangan kita yang hakiki, serta sebagai kepribadian kita,” tutur Nico. 


Pasalnya, menurut Nico, saat ini banyak orang yang mudah mencela, mengumpat, mudah merendahkan orang lain, dan mudah mengejek orang lain, serta menjelek-jelekan orang, sehingga mengesampingkan kaidah sopan santun. 


“Pada masa ini ujaran kebencian bertebaran luar biasa, khususnya diranah media social. Umpatan-umpatan semakin menghebat. Apalagi ketika ada kontestasi politik yang kerap membuat sifat saling menghormati seakan luntur,” kata Nico. 

Untuk itu, Nico berharap, MTQ Kapolda Cup bersama JQHNU Jatim ini menjadi role model bentuk kerjasama institusi kepolisian dengan ormas, salah satunya JQH NU di Indonesia. Mulai dari tingkat Polsek, Polres hingga tingkat Mabes Polri. “Jika hal ini terlaksana hati kita bisa hidup berbangsa dan bernegara dengan sejuk,” ujarnya.

Apalagi, saat ini tantangan zaman di era global sangatlah kompleks. “Jadikan MTQ Kapolda Cup ini sebagai stimulant untuk meningkatkan penghayatan, kecintaan, dan pengamalan dalam ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari,” terang Nico.

Sebelum mengakhiri sambutan sekaligus membuka pelaksanaan MTQ, Nico sempat menyampaikan sebuah pantun. 


“Kalau Anda pergi ke sawah mohon mampir ke lading saya. Kalau ada ucapan yang salah mohon kiranya maafkan saya. Para kafilah wajahnya bersih, cukup sekian terima kasih,” kata Nico langsung disambut tepuk tangan dari para peserta yang tersebar secara virtual di berbagai Polres di Jatim. 

“Selamat berlomba kepada seluruh peserta MTQ Kapolda Cup se Jawa Timur, mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” tutup Kapolda Jatim. (nas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update