-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pidato Akhir Tahun 2020 Bupati Pamekasan Baddrut Tamam: Melangkah, Berhasil dan Bangun Semangat Dengan Optimisme Baru

Friday, January 1, 2021 | 1:37 PM WIB Last Updated 2021-01-01T06:37:31Z




PAMEKASAN (DutaJatim.com) -Tahun 2020 telah meninggalkan kita. Tentu bagi Pemkab Pamekasan banyak hal yang telah dilakukannya dalam tahun itu, dengan segala dinamika yang ada didalamnya. Apa yang telah dilakukan dan dihasilkannya? Dan apapula yang akan dilakukan pada tahun 2021 mendatang. Berikut pidato akhir tahun Bupati Pamekasan Baddrut Tamam:



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seluruh pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Pamekasan yang sangat saya banggakan dan saya cintai, seluruh camat, seluruh kades, seluruh lurah, seluruh ulama, seluruh masyarakan Kabupaten Pamekasan yang sangat saya banggakan.

Alhamdulillah. 

Alhamdulillahirobbil’alamin, pemerintah di Kabupaten Pamekasan dengan segala daya dan upaya yang dimiliki, kita memiliki 5 prioritas utama, yang dari 5 prioritas utama sudah kita laksanakan beberapa hal penting dan memiliki manfaat nyata untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Pamekasan.


Dari 5 prioritas ini adalah di antaranya; dibidang reformasi birokrasi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Saya memastikan bahwa tidak ada yang nomor 2 dari segala prioritas ini, semuanya nomor 1. Kita akan menjalankan keseluruhannya dengan segenap keinginan kuat untuk menjadikan Kabupaten ini sebagai Kabupaten yang terus maju, berdaya saing dengan Kabupaten maju di Indonesia. 


Alhamdulillah, dibidang infrastruktur ada 10,30 km rehabilitasi saluran irigasi dan ada 40,65 km peningkatan jalan, ada 192 km peningkatan jembatan, ada 239 meter pemeliharaan jembatan, ada 9.739 m3 normalisasi sungai, ada 644 unit pembangunan rumah tidak layak huni dan 555 penerangan lampu serta 1,4 Km penguatan tebing dan 161 ribu sanitasi dan air bersih. Sunguh usaha ini berkat doa dan dukungan dari kita semuanya, bimbingan dan doa dari para alim ulama sangat kita harapkan untuk kemudian terus kerja lebih baik dibidang Infrastruktur.


Yang kedua dibidang Pendidikan. Alhamdulillah beasiswa santri ditahun 2020 sudah berjalan, ada 1.652 santi yang kita kirim ke pesantren. Santri yang  ingin menghafal Al-qur’an, Santri yang berprestasi, santri  tidak mampu kita kirim ke pesantren untuk memberikan fondasi amaliyah diniyah yang bagus sebagai wujud dari Fondasi Kabupaten Pamekasan sebagai Kabupaten yang berfondasikan nilai agama dengan menekankan amailyah diniyah yang semakin bagus. 

Alhamdulillah ada 11.386 guru yang sudah melaksanakan sertifikasi dan 567 orang penetapan tunjangan kesejahteraan guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap honorer serta 243 orang penetapan tunjangan kesejahteraan guru agama dan non agama.


 Ikhiar ini sebagai wujud dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia serta komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada para guru dan kita akan terus memperbaiki beberapa ikhtiar yang luar biasa dibidang pendidikan. Termasuk rencana di tahun 2021 adalah memberikan beasiswa untuk beberapa dokter yang akan kita kerjasamakan dengan beberapa universitas.

Baru kemudian dibidang Kesehatan, Call Care sudah berjalan dengan baik. Tinggal kemudian ada beberapa hal yang akan terus kita perbaiki. Call Care bagian dari usaha pemerintah untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh elemen masuyarakat. 


Tahun 2021 seluruh rumah akan kita tempeli stiker sebagai wujud dari model pendekatan baru dalam memberikan pelayanan yang cepat sebagai nomor konsultasi kesehatan, nomor ketika seluruh masyarakat membutuhkan pelayanan antar jemput ketika sakit. 


Dan Alhamdulillah 178 mobil sudah sampai di desa-desa sebagai bagian dari uluran untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan antar jemput dibidang kesehatan. Alhamdulillah juga 18 % penurunan stunting dikabupaten ini sudah kita lakukan. Penghargaan, penghormatan serta pengakuan dari berbagai lembaga sudah kita terima dengan baik.


Baru kemudian yang berikutnya adalah dibidang Ekonomi ada 1.333 orang sudah kita latih sember dayanya baru kemudian kita bantu alatnya di tahun 2020 ini kita berikan pinjaman besar Rp 6 miliar untuk beberapa orang yang sudah dilatih dan saya pastikan bahwa dari Rp 6 miliar ini tidak ada bunganya, hanya membayar administrasi untuk bisa mengganti para petugas yang memberikan pelayanan dengan baik. 

Baru kemudian di 2021 akan kita tingkatkan pinjaman untuk bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. 


Yang berikutnya adalah kita di 2021 akan terus mendorong bagaimana wirausaha baru tumbuh dibantu sumberdayanya, didorong untuk kemudian memiliki alat produksi serta kita bantu modalnya dan pasarnya akan kita fasilitasi yang offline dan online. Baru kemudian yang berikutnya adalah ada 30 kelompok pelaku usaha dibidang perikanan yang sudah kita latih. Ada 750 peserta penerima informasi manfaat konsumsi paket produk lain di bidang perikanan. 

Termasuk didalamnya adalah ada 51 ribu pengembangan tanaman  pada kelompok tani.


Dibidang Reformasi Birokrasi kita akan berusaha memperbaiki kinerja aparatur, termasuk didalamnya adalah memperbaiki kinerja beberapa hal yang belum tercapai di tahun 2020. Saya berkomitmen menjadikan jabatan sebagai alat perjuangan dan pengabdian dan seluruh ASN akan memiliki komitmen yang sama bahwa jabatan hanyalah alat perjuangan dan pengabdian untuk  bisa membawa kabupaten ini semakin baik dan berdaya saing.


Terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pamekasan,  terima kasih kepada para kades, terima kasih kepada para alim ulama yang mau bekerjasama menjadikan kabupaten ini semakin baik. 

Kabupaten yang kita cintai dan yang kita banggakan karena Pemerintahannya dan masyarakatnya mau bergandengan tangan untuk bergotongroyong, jungrojung rombung menuju Pamekasan Rajjeh, Bejjreh tor Parjugeh.

2020 kita tinggalkan dan kita akan memasuki tahun 2021. Tentu tantangannya akan berbeda, tentu semangatnya harus kita tingkatkan. 2020 diawal kita belum bertemu  Covid-19. Karenanya di 2021 kita harus mengikuti beberapa protocol kesehatan untuk menjaga kesehatan kita semuanya. Muhasabah refleksi diri dari beberapa capaian yang belum tercapai di 2020 akan terus kita perbaiki. 


Mendorong bagaimana pola hidup sehat baru akan kita laksanakan sebaik-baiknya. Menjadikan bagian dari usaha untuk normal baru terus kita laksanakan. Berdoa mudah-mudahan Covid-19 segera hengkang dari Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia dan dari Dunia. 


Mohon doanya kepada seluruh elemen masyarakat, alim ulama, harapan kita 2021 etos, semangat kinerja serta beberapa program prioritas akan terus kita genjot untuk kemudian menjagi program yang memiliki manfaat luar biasa terhadap seluruh elemen masyarakat. 


Dengan Optimisme yang bagus, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata di desa-desa, serta etos dan semangat kerja yang baru di 2021 akan bisa menjadikan Kabupaten ini berkat doa dan dukungan serta semangat dari kita semua akan menjadi Kabupaten yang maju. Kabupaten hebat karena Desanya makmur. Kabupaten hebat karena pendidikannya berkemajuan. Kabupaten hebat karena infrastrukturnya berkeadilan. Kabupaten hebat karena layanan kesehatannya semakin exellent dan professional. 


Kabupaten hebat karena ekonominya tumbuh dari Desa-desa sesuai semangat “Desaku Makmur Pamekasan Hebat”.
Terima kasih kepada kita semua yang mau mendoakan dan mau berjuang bersama-sama menjadikan Kabupaten ini menjadi Kabupaten  Rajjeh, Bejjreh tor Parjugeh. 

Terima kasih kepada teman-teman DPRD, terima kasih kepada Forkopimda, terima kasih kepada Pak Kades, Pak Lurah, para alim ulama, dan kita semua yang mau bersama-sama berkomitmen menjadikan Kabupaten ini semakin baik,  hebat, makmur, rajjeh, bejjreh tor parjugeh.

Wassalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. (mas)
×
Berita Terbaru Update