-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gong Xi Fa Cai, Imlek Antara New York - Surabaya

Friday, February 12, 2021 | 2:26 PM WIB Last Updated 2021-02-12T07:27:45Z

 


Oleh Mulky Zainuddin (New York, Amerika Serikat)

NEW YORK (DutaJatim.com) - 
Sekarang hari Jum'at 12 Februari 2021, Tahun Baru China, Imlek di Surabaya Indonesia. Tetapi di New York, Amerika Serikat masih malam Jum'at, malam Imlek 11 Februari 2021.

Pukul 06:00 WIB, Waktu Indonesia Bagian Barat, pagi hari di New York masih jam 6:00pm EST Eastern Standard Time.

Jadi WIB persis sama jamnya dengan EST.

Hanya bedanya ada yang siang ada yang malam. EST, Eastern Standard Time ini mulai dari hari Minggu kedua bulan Nopember sampai dengan hari Minggu pertama bulan Maret. Setelah hari Minggu pertama bulan Maret ini hingga hari Sabtu kedua bulan Nopember waktu dikurangi satu jam penghematan ini disebut Daylight Saving Time, DST. Pukul 8:00pm DST di New York di Jakarta jam 07:00 WIB.

Mulky Zainuddin



Seperti di Indonesia, di Amerika Serikat juga waktu dibagi menjadi tiga kawasan walau kadang kala ada yang menyebut Waktu Alaska, Waktu Hawaii, Waktu Virgin Island, dst.

Jadi kalau sekarang di tanah air Imlek sedang dirayakan maka di New York, AS masih Malam Imlek.

Karena wabah covid-19 keadaan sangat berbeda dengan biasanya pembatasan travel, lockdown, protokol kesehatan larangan berkumpul pembatasan jumlah hadirin pada ruangan tertutup tampak perayaan akan terpusat secara virtual barongsai dan pawai masih, pertunjukan dioangung di taman- taman masih mungkin diadakan tetapi undangan dan saling mengunjungi terbatas antara keluarga dekat saja.

Bila biasanya sebelum Imlek masyarakat sibuk mempersiapkannya, tahun ini toko- toko sepi walau masih ada toko yang menjual kue-kue tahun baru, membagikan kalender tahun baru dan amplop angpaw. Sedangkan restoran hanya take out atau makan di tenda kaki lima diluar restoran. 


Larangan makan di dalam restoran akan dicabut pada hari Jum'at ini bertepatan dengan hari Raya Imlek.  Inipun terbatas hanya 25% dari kapasitas. Selamat Tahun Baru Imlek. Gong Xi Fa Cai. (*)
×
Berita Terbaru Update