Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gunung Raung di Banyuwangi Masih Terus Lontarkan Abu Vulkanik

Friday, February 12, 2021 | 15:59 WIB Last Updated 2021-02-12T09:14:54Z

 


BANYUWANGI (DutaJatim.com) -  Gunung Raung di wilayah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur hingga Kamis malam masih erupsi. Abu vulkanik dari Gunung Raung hingga Jumat 12 Februari 2021 hari ini masih mengguyur sejumlah wilayah di Bumi Blambangan.


Salah satunya abu vulkanik tersebut nampak menyebar di sepanjang jalan trotoar hingga permukiman penduduk yang ada di wilayah Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Abu vulkanik terus beterbangan mengikuti arah angin, apalagi disaat berkendara motor sangat tampak jelas terasa pedih dimata karena abu vulkanik yang berwarna hitam pekat tersebut sangat halus dan menempel di setiap kendaraan bermotor.

Abu Raung Ganggu acara pernikahan warga.



Seperti disampaikan  warga Songgon, Budi bahwa abu vulkanik ini setiap hari terus bertebaran. Abu Raung terlihat berada di teras rumah dan atap genteng. Dan juga, bertebaran di tenda dan sound system milik Ramayana saat acara resepsi pun dipenuhi abu vulkanik gunung Raung.

" Tepatnya saat itu berada dikediaman Bapak Paidi," ungkap Wahyu pemilik tenda Ramayana Sumberbulu Songgon Banyuwangi.

Hembusan awan berwarna hitam dan abu - abu terjadi semenjak Rabu  (20/1/2021) lalu. Hal itu akibat erupsi dari Gunung Raung yang masih terus terjadi.

Informasi dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di pos pantau Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon menetapkan aktivitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada).(Gin/Tyo)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update