Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Beri Bantuan, Bupati Baddrut Tamam Ajak Pesantren Konsisten Jaga Moral Masyarakat

Friday, March 5, 2021 | 09:26 WIB Last Updated 2021-03-05T02:26:38Z

 


PAMEKASAN (DutaJatim.com) - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Kamis (4/3/21) menyerahkan bantuan pembangunan masjid dan beasiswa kepada Pondok Pesantren Darul Karomah Desa Batu Bintang Kecamatan Batumarmar. Bantuan itu diterima langsung oleh pengasuh Pesantren Darul Karomah KH Mudasir Fatholbari.


Selain bantuan dana pembangunan masjid dan beasiswa santri, juga diberikan bantuan puluhan mushaf Al Quran kepada lembaga pendidikan yang berada dalam naungan Yayasan Bustanul Ulum tersebut. Penyerahan disaksikan oleh Camat  Batumarmar Drs Moh. Fahmi dan Kabag Kesra Setdakab Pamekasan Khalifaturrahman.


Baddrut Tamam mengatakan bantuan Pemkab Pamekasan ini  merupakan bentuk langkah Pemkab Pamekasan untuk terus memberi spirit ke pesantren pesantren. Spirit yang akan diberikan Pemkab ada yanag berupa bantuan fisik ada juga yang berbentuk non fisik, yaitu berupa dukungan kepada pesantren untuk tetap eksis menjaga moral dan pendidikan masyarakat. 


Bantuan uang tunai yang diserahkan oleh Bupati Baddrut Tamam sebesar Rp 20 juta dan mushaf Al Quran yang diwakafkan sebanyak 75 kitab. Selain menyerahkan bantuan ke ponpes Darul Karomah, Bupati Baddrut Tamam juga meresmikan pembangunan masjid yang ada di area ponpes tersebut. 


Dia bilang Pemkab Pamekasan memiliki perhatian khusus terhadap pesantren. Beberapa kiat  yang dilakukannya antara lain program beasiswa santri yang digagas Pemkab yang merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam membangun pesantren. Ini dilakukan agar generasi pesantren terus berjalan eksis melalui pendidikan yang diterima didalamnya. 


Bantuan yang diberikan Pemkab tersebut, kata Baddrut Tamam,  diharapkan bisa mendorong spirit pembangunan serta melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan Yayasan Bustanul Ulum yang menaungi Ponpes Darul Karomah. Dia berharap bantuan itu maksimal dirasakan oleh santri dan masyarakat sekitar. 


“Program beasiswa santri yang kami lakukan tidak bisa dilepaskan dari pesatren. Selama ini pesantren sendiri tidak bisa dilepaskan identitasnya sebagai tempat untuk mendalami ilmu agama. Secara simbolik, masjid di pesantren adalah roh spiritualnya. Karena itu, kami memberi perhatian khusus,” ucapnya.  


Pembangunan pesantren dan beasiswa santri, lanjut Badrut Tamam,  memiliki keterpaduan yang kuat. Pesantren yang dibangun dengan baik, akan mencetak santri yang baik pula.  Pembangunan pesantren dan beasiswa santri seiring dan seirama. Sehingga ada semangat yang sama antara beasiswa santri sebagai roh pembangunan SDM-nya dan pesantren sebagai pembangunan fisiknya.


Sementara itu, pimpinan Ponpes Darul Karomah KH. Mudasir Fatholbari menegaskan, bantuan yang diberikan Pemkab Pamekasan tentunya akan sangat berguna bagi keberlangsungan pendidikan di Pesantren Darul Karomah dan tentunya kepedulian itu akan menjadi ibadah bagi Bupati Baddrut Tamam dan pihak lain yang terlibat dalam prosesnya.(mas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update