-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Medical Check Up Lengkap Laboratorium Pacar dan YHMCHI 'Dibanjiri' Warga

Sunday, March 14, 2021 | 1:35 PM WIB Last Updated 2021-03-14T06:35:49Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, bekerja sama dengan Laboratorium Pacar,  Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) kembali mengadakan medical check up lengkap, yang ditempatkan di halaman  Masjid Cheng Hoo, Surabaya, Minggu (14/4/2021). 

Dalam acara yang kini telah memasuki episode yang ke-10 tersebut, antusiasme warga masyarakat terlihat lebih besar dari penyelenggaraan sebelum-sebelumnya.

Hal ini tampak pada jumlah peserta yang mencapai 887 peserta.

“Untuk mekanisme pendaftaran,  kita menggunakan media whatsapp. Sehingga saya bisa memantau secara langsung besaran jumlah peserta yang nantinya ikut medical check up,” kata Caroline, Direktur Lab Pacar.

Caroline menambahkan,  langkah tersebut sangat penting ia lakukan untuk mengatur dan mengontrol jalannya protokol kesehatan, seperti tindakan mengantisipasi munculnya kerumunan. Untuk mempermudah pelayanan, misalnya, kemudian ia membatasi jumlah pendaftar ketika sudah berada di lokasi. 

“Jadi untuk pelayanan di lokasi,  akhirnya kita batasi sampai jumlah 150 orang perjamnya,” katanya. 

Untuk pemeriksaan atau medical check upnya tetap sama sebagaimana waktu-waktu sebelumnya. Meliputi sebanyak 23 item, mulai dari pemeriksaan darah, urine lengkap, fungsi liver, fungsi ginjal, gula darah, lemak lengkap, immunologi, jantung hingga elektrolit. 

“Dalam hal ini, para tenaga medis kita menggunakan seragam alat pelindung diri (APD) lengkap. Peralatan juga sekali pakai. Lalu, penggunaan sarung tangan hingga penyemprotan disinfectan di masing-masing tempat duduk. Untuk jumlah tenaga kesehatan, kita menerjunkan dua kali lipat jumlahnya dari sebelumnya, yaitu sebanyak 14 tenaga kesehatan,” katanya.

Penerapan protokol kesehatan sudah tampak sejak di pintu gerbang utama, setiap peserta terlebih dahulu dilakukan tes suhu badan. Selain penggunaan masker, peserta juga diwajibkan cuci tangan di tempat yang telah disediakan. Di lokasi kegiatan, penempatan kursi juga diberi jarak 1,5 meter. Begitu pun di bagian registrasi maupun penanganan pasien, terdapat tabir plastik tebal bening yang membatasi interaksi tenaga medis dengan peserta. 

“Kami berharap dengan harga yang sangat terjangkau, dari yang semula jutaan menjadi ratusan ribu, kita berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Karena tidak sedikit yang sebenarnya ingin periksa dan memang perlu memeriksakan kesehatannya,” katanya. 




Ustadz Hasan Basri, Ketua Harian YHMCHI, mengatakan, sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan.  Karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya sehingga benar-benar prima hadapi masa berpuasa. 

“Terutama karena kita memasuki bulan puasa di tengah masa pandemi. Dengan menggelar kegiatan medical check up lengkap dengan harga yang sangat terjangkau ini, masyarakat bisa mengetahui kondisi tubuh, mulai dari gula darah, lemak hingga darah tinggi. Apalagi,  Covid-19 ini juga menyerang bagi yang punya penyakit penyertaan,” katanya.

Salah satu peserta, Tjoe Hermawan (63), berharap kegiatan sosial seperti medical check up lengkap dapat terus dilanjutkan. Terlebih,  di masa pandemi seperti sekarang ini di mana masyarakat menurutnya pasti sangat membutuhkan.

“Saya check up rutin. Dan baru kali ini mengetahui ada kegiatan seperti ini di Masjid Cheng Hoo.  Semoga ke depan masih terus dilanjutkan, “ katanya.

Sebagai tambahan,  kegiatan medical check up lengkap ini diselenggarakan selama dua hari,  yaitu dari hari Sabtu hingga Minggu (13-14 Maret 2021).
(Tamam Malaka)
×
Berita Terbaru Update