-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

"Jalan Berdua", Program Kemudahan Layanan Kependudukan Kota Pasuruan yang Libatkan Ojek Online

Thursday, April 22, 2021 | 15:36 WIB Last Updated 2021-04-22T08:36:40Z

 


PASURUAN (DutaJatim.com)  - Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melaunching program kemudahan urusan administrasi kependudukan. Layanan ini juga melibatkan mitra ojek online dalam pengiriman berkas hingga ke alamat rumah.

Program ini berjuluk Jalan Berdua (Kerjasama pelayanan penerbitan KK dan KTP - EL dengan KUA). Ini adalah inovasi layanan yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yang bekerjasama dengan Kemenag Kota Pasuruan.

Menurut Gus Ipul, ini adalah komitmen Dispendukcapil untuk meningkatkan capaian penduduk yang memiliki KK dan KTP-EL dengan perubahan status kawin. Program ini sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan. Targetnya, meningkatkan kepemilikan KTP - EL, dan KK atas perubahan status perkawinan.

"Inovasi pelayanan semacam ini akan menguntungkan masyarakat Kota Pasuruan. Inovasi yang memudahkan dalam mengurus administrasi kependudukan,” kata Gus Ipul.

Sistem kerja program ini, kata Gus Ipul sangat mudah. Jadi, yang akan menikah, cukup melampirkan KK dan KTP - EL untuk perubahan status kawin ke KUA. Nanti, KUA akan input data ke Dispendukcapil.

"Setelah nikah, status yang bersangkutan sudah berubah. KK dan KTP-EL perubahan akan dikirimkan melalui ojek online ke alamat yang bersangkutan. Biaya ojek online ini disubsidi oleh Pemkot Pasuruan,” jelasnya. (ndc)
×
Berita Terbaru Update