Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Lima Pesan Dubes RI Addis Ababa Menuju Pendidikan Indonesia Go-Global

Friday, May 7, 2021 | 03:03 WIB Last Updated 2021-05-06T20:03:38Z

 


ADDIS ABABA (DutaJatim.com) - Ada lima strategi yang perlu dikembangkan Indonesia untuk menuju Pendidikan Indonesia yang go global. 

Pertama, memperluas jejaring internasional; kedua, memperbanyak pemberian beasiswa untuk mahasiswa asing; ketiga, meningkatkan peran diplomasi publik oleh lembaga dan organisasi pendidikan; keempat, mengembangkan hubungan informal dengan insan pendidik luar negeri; dan kelima lebih memberdayakan perwakilan Indonesia di luar negeri. 

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika dalam Diskusi Publik dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Kamis (6/5/2021). Diskusi virtual yang diikuti oleh pemuda dari berbagai daerah Indonesia itu diselenggarakan oleh Forum Berbagi Ilmu Indonesia, sebuah organisasi pemuda Indonesia. Tema diskusi adalah Posisi Pendidikan Indonesia Dimata Dunia.

Pada diskusi itu Duta Besar Al Busyra juga memaparkan tentang kekuatan dan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menuju pendidikan Indonesia yang go-global. Ia mengatakan bahwa Indonesia semakin penting bagi masyarakat dunia sebagai partner dalam pengembangan riset dan pendidikan.

Sebagai perbandingan, Duta Besar Al Busyra menceritakan pula perkembangan pendidikan di Ethiopia dan kerjasama pendidikan Indonesia dengan Ethiopia. 

Pada diskusi yang dipandu oleh Azzahra Putri Santi tersebut, juga hadir sebagai pembicara  Ivan Oktabi, Ketua Umum Forum Berbagi Ilmu Indonesia dan Yoga Ilhamsyah dari Ekspedisi Mewarnai Indonesia. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update