Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pengasuh Ponpes Mahrusiyah Lirboyo, Gus Reza: Jaga Harmoni untuk Mengembangkan Dakwah Islam

Wednesday, June 23, 2021 | 03:01 WIB Last Updated 2021-06-22T20:56:48Z

 


KEDIRI (DutaJatim.com) -- Pengasuh Ponpes Machrusyiah Lirboyo Kediri, KH Ahmad Reza Zahid, mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya informasi yang memadai tentang Islam. Sekaligus mengingatkan, menjadi keharmonisan di tengah masyarakat karena maraknya media sosial.

"Para juru dakwah harus tahu peran masing-masing dan menyadari kehadiran di tengah umat. Karena itu, penting sekali di antara para dai, ustadz dan juru penerang Islam, agar menjaga perilaku yang bisa dicontoh masyarakat," tutur Gus Reza, panggilan akrab putra KH Imam Yahya Mahrus, dalam keterangan Selasa, 22 Juni 2021.

Informasi di media sosial, menurut Gus Reza, tetap penting dan harus dimanfaatkan oleh kalangan pesantren untuk berdakwah. Di mana pun tempat, dan pemanfaatan teknologi, menjadi jalan mudah untuk memberikan pemahaman tentang Islam.

"Akan lebih baik bila di media sosial, baik di Youtube, Instagram dan Facebook, dll, diisi para juru dakwah dari pesantren. Sehingga, ruang dakwah di negeri ini lebih variatif dan mewarnai dengan baik," kata Gus Reza, Wakil Ketua PWNU Jawa Timur.

Di media sosial, kini muncul para juru dakwah dari kalangan pesantren. Sebut misalnya, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha'), KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), Gus Miftah dari Yogyakarta, dll. Mereka telah mempunyai kekhususan dalam menyampaikan materi dakwahnya.

"Bila mereka saling mengisi, maka masyarakat Islam di Nusantara akan terpenuhi kebutuhan soal materi dakwah. Ya, saya berpendapat, menjaga harmoni menjadi penting. Harmoni di tengah masyarakat, maupun harmoni dalam menyampaikan pesan-pesan Islam yang menyejukkan di media sosial," tuturnya.

Gus Reza mengingatkan, media sosial menjadi semakin membingungkan manakala dipenuhi dengan informasi yang salah. Informasi yang tak benar, justru akan menciptakan kegaduhan. "Ini yang harus dihindari," tuturnya. (ria)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update