Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Desa Siwalan, Mengalirkan Segarnya Minuman Legen dan Jumblek Sampai Jauh

Tuesday, July 6, 2021 | 00:58 WIB Last Updated 2021-07-05T17:58:26Z

 


GRESIK (DutaJatim.com) -  Sesuai namanya, Desa Siwalan Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kaya akan pohon Siwalan.  Saat ini di Desa Siwalan tengah digelar TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0817/Gresik yang hendak menyulap desa ini menjadi desa yang warganya lebih sejahtera. 

Rumah warga yang tidak layak huni dibangun dengan bangunan rumah tembok yang bagus dan sehat. Jalan-jalan dilebarkan dan dipaving. Juga saluran irigasi dibenahi oleh para prajurit TNI. Bahkan juga disiapkan lampu penerangan jalan sehingga desa ini semakin gemebyar.

Para prajurit TNI itu pun akhirnya berkenalan dengan pohon siwalan dan buahnya yang jumlahnya cukup banyak di desa ini.

Pohon Siwalan (lontar) banyak tumbuh di desa tersebut, sehingga sebagian warga memanfaatkan bunga, buah dan daunya untuk di buat minuman legen, dikonsumsi buahnya dan dijadikan bungkus kue. Seperti kelapa, semua yang ada pada pohon Siwalan bisa dimanfaatkan.

Babinsa setempat Sertu Jumroni, saat berbincang dengan wartawan di sela kegiatan TMMD ,  Senin (5/7/2021), mengatakan, Desa Siwalan masih banyak terdapat pohon lontar atau yang biasa disebut dengan pohon siwalan itu. 

"Tidak heran kalau di Desa Siwalan banyak dijumpai penjual legen, jumblek dan buah siwalan. Mereka memanfaatkan hasil pohon siwalan di lahan miliknya sendiri untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," tuturnya.

Warga juga menjual buah dan minuman legen ke luar daerah. Melihat potensinya, pohon Siwalan perlu dikembangkan menjadi produk unggulan dari desa ini agar menambah nilai lebih bagi kesejahteraan warganya. "Mungkin ada produk olahan lain dari Siwalan, tak hanya legen dan jumblek saja," katanya. (wan)



No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update