Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jokowi Minta Pencairan Bansos Dipercepat Pekan Ini

Monday, July 5, 2021 | 20:37 WIB Last Updated 2021-07-05T13:37:48Z

JAKARTA (DutaJatim.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya agar mempercepat penyaluran bantuan perlindungan sosial penanganan Covid-19 pada pekan ini. Terutama untuk bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).


“Untuk perlindungan sosial, tadi instruksi Bapak Presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini, terutama untuk PKH agar dimajukan yang untuk kuartal III,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Jokowi, di Jakarta, Senin 5 Juli 2021.


Presiden, kata Sri Mulyani, meminta agar penyaluran PKH untuk kuartal III segera dimajukan ke Juli 2021, agar manfaatnya segera dirasakan masyarakat. Kemudian, Presiden juga meminta agar target sasaran Kartu Sembako bisa segera meningkat dari 15,93 juta menjadi 18,8 juta. “Dan bantuan tunai untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat selama 2 bulan dibayarkan Juli 2021 ini,” ujar Sri Mulyani.


Selanjutnya, Presiden Jokowi juga meminta penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa yang baru mencapai lima juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa meningkat mencapai 8 juta KPM. Untuk bantuan Kartu Prakerja, Presiden Jokowi memerintahkan penyerapan tahap kedua segera dilaksanakan pada Juli 2021.


Selain itu, penyaluran bantuan perlindungan sosial berupa bantuan kuota internet bagi 27,67 juta sasaran pelajar, mahasiswa dan tenaga pendidik juga akan tetap diberikan. Penyalurannya disebut akan melalui Bank Himbara dan PT Pos.


Namun di akun Instagram @kemensosri banyak yang masih bingung mengenai teknisnya. Salah satunya adalah kabar BST dari Pemprov DKI yang disalurkan melalui Bank DKI. Netizen mempertanyakan terkait apakah ada BST via Bank DKI untuk periode Mei dan Juni.


Dilansir dari akun Instagram @kemensosri Senin (5/7/2021) di kolom komentar terdapat salah satu akun @halimahtussadiah5374 yang menanyakan "kalo yg melalui atm bank dki gimana nasib nya ya?" ujarnya.


Karena BST Rp300 Ribu untuk warga DKI Jakarta memang disalurkan dalam dua jalur. Yang pertama oleh Pemprov DKI yang disalurkan melalui Bank DKI dan yang kedua dari Kementerian Sosial yang dicairkan melalui Kantor Pos. (hud)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update