Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Raih Tiga Juara Kompetisi Film, Mendakwahkan Moderasi Beragama

Saturday, July 3, 2021 | 17:19 WIB Last Updated 2021-07-03T10:19:36Z


TULUNGAGUNG (DutaJatim.com) - Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, Jawa Timur, menorehkan prestasi setelah meraih tiga juara pada kompetisi film nasional. Sebagai kampus agama Islam, para mahasiswa bisa berprestasi dalam bidang lain sesuai jurusan dan keahliannya yang diperoleh dari bangku kuliah.


Mereka masing-masing meraih dua juara dari Peskamline Film Pendek Compettion 2021 yang digelar Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Sedangkan, satu film dinobatkan juara favorit dalam pergelaran Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) se-Jawa dan Madura yang diselenggarakan di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.


Di ajang kompetisi UKKI Unesa Surabaya itu, mahasiswa KPI UIN SATU meraih Juara II dengan judul film “Eling”, disutradarai oleh Amelia Fadila. Sedangkan Juara III dengan judul “Petunjuk Jalan Surga”, disutradarai Fahmi Nurul Huda.


Ketua Jurusan KPI UIN Tulungagung Lutfi Ulfa Ni’amah mengatakan berkat kerja keras, mahasiswa binaannya berhasil menjuarai kompetisi yang tidak mudah. “Semua telah bekerja keras untuk menghasilkan karya maksimal,” katanya.


Ulfa Ni’mah mengatakan UIN SATU mempunyai dosen-dosen yang kompeten di bidangnya, salah satunya Agus Widodo yang mendampingi pembuatan film. “Banyak sekali film yang telah diproduksi oleh para mahasiswa karena didampingi beliau,’’ kata Ulfa.


Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya ini memaparkan film-film produksi mahasiswanya memiliki banyak pesan ke publik, khususnya berkaitan dengan religiusitas dan moderasi beragama. ‘’Kami ingin menyampaikan dakwah juga dengan menggunakan media film,’’ terangnya.


Dosen Sinematografi Agus Widodo mengatakan mahasiswa KPI UIN Tulungagung yang fokus mempelajari perfilman dan jurnalistik itu adalah para sineas muda yang rata-rata mahasiswa semester VI.


“Mahasiswa KPI UIN SATU juga telah memproduksi film komedi yang mengusung tema moderasi beragama,’’ terang Agus.


Lebih lanjut, Agus mengungkapkan, film tersebut dibintangi oleh dosen dan mahasiswa yang lolos pada casting pemeran dalam tahap pra produksi. Film berjudul “Duri Kenduri” yang berdurasi 15 menit, telah menyabet juara favorit pada lomba IPPBMM PTKIN se-Jawa dan Madura beberapa waktu lalu.


Dekan Fakultas Adab dan Dakwah (FUAD) Rizqon Khamami memberikan apresiasi atas prestasi yang telah ditorehkan mahasiswa KPI ini. “Mahasiswa KPI memang memiliki ciri khas kompetensi yaitu dalam bidang perfilman,” ucapnya.


“Kami berterima kasih kepada para dosen dan mahasiswa yang terus berkarya dan ini membanggakan bagi almamater UIN SATU, yang kini beranjak maju bersaiing dengan PT di negeri ini,’’ sambungnya. (Humas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update