Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gresik Deklarasikan PKM Sehat Lestari Terencana

Tuesday, November 23, 2021 | 20:02 WIB Last Updated 2021-11-23T13:02:49Z


 

GRESIK (DutaJatim.com)  - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani bersama Dinas KBPPPA Kabupaten Gresik menginisiasi kegiatan launching dan sosialisasi pembinaan terpadu PKK Sehat Lestari Terencana tahun 2021 hari Selasa (23/11/2021). 


Kegiatan yang diadakan di Pendopo Kabupaten Gresik ini dihadiri secara langsung oleh Bupati Fandi Akhmad Yani yang juga merupakan ketua tim pembina PKK Kabupaten Gresik. Selain itu juga hadir Forkopimda Kabupaten Gresik, jajaran camat, kepala Puskesmas, kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik serta pembina PKK di Kabupaten Gresik. 


Ning Nurul, panggilan akrab Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, menyampaikan, bahwa gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga ini bertujuan untuk mencapai kesejahteraan keluarga, progam keluarga berencana dan pembangunan kesehatan nasional yang terkait dengan 10 program PKK, khususnya kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. 


Menurut dia, PKK kembali menyelenggaran program baru yaitu program PKK Sehat Lestari Terencana yang sebelumnya adalah program kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan. "Saya sangat berharap melalui kegiatan ini, ke depannya kita dapat meningkatkan komitmen dari dinas terkait yang hadir untuk bisa mendukung program ini. Di mana penekanannya antara lain adalah penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), penurunan angka stunting, penyuluhan kepada masyarakat untuk menghidupkan lingkungan yang bersih dan sehat, pelayanan KB serta mendukung program vaksin Covid-19," jelas Ning Nurul. 


Selain itu, Ning Nurul juga menjelaskan bahwa program ini juga sebagai bentuk monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan kader PKK kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat berperilaku bersih dan sehat, menjaga lingkungan masyarakat, berperan aktif memantau kesehatan balita melalui posyandu serta merencanakan keluarga yang sehat dan kesejahteraan keluarga yang berencana. 


Meskipun kegiatan ini merupakan salah satu rangkaiam lomba, Ning Nurul menegaskan bahwa program ini tidak sekedar seremonial lomba saja, melainkan bisa dilaksanakan di kehidupan masyarakat sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan untuk membawa generasi Indonesia yang lebih sehat. 


Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya juga berpesan bahwa sosialisasi ini tidak boleh berhenti di perlombaan saja. Hal ini karena program-program PKK memiliki peran yang penting dalam masyarakat sehingga wajib hukumnya untuk bisa direalisasikan kepada masyarakat. "Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, tetapi benar-benar terealisasi di tengah masyarakat. Karena semuanya berawal dari keluarga, pencegahan stunting hingga pencegahan narkoba semuanya berawal dari keluarga, ini sangat luar biasa jika kita bisa kelola dengan baik," ujar Bupati Yani. (sal/luck)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update