Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Desa Inovatif Banjarsari, Ubah Sampah Jadi Berkah Warganya Berdaya

Tuesday, December 7, 2021 | 16:14 WIB Last Updated 2021-12-07T09:14:06Z

GRESIK (DutaJatim.com) -  Pandemi Covid-19  mengajarkan kepada manusia untuk terus kreatif dan inovatif. Seperti dilakukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pemerintahan Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini. 


Dengan mengusung jargon Icon Desa BBS (Banjarsari Berkah Sampah) "Sampahku sampahmu jadi seribu icon produk Desaku", Pemdes setempat melaunching Produk Unggulan Desa Berdaya 2021, Selasa (7/12/2021). 


Tak pelak, aneka Produk Unggulan Desa yang terbuat dari limbah sampah itu menjelma menjadi berbagai produk yang menarik dan layak jual. 


Sampah-sampah tersebut berubah menjadi beragam produk suvenir, mulai dari tas, sandal, sepatu, hingga aneka lukisan yang indah menawan. 


Kades Banjarsari Cerme, Agus Suwondo, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas capaian desanya melalui kegiatan Launching Produk Unggulan Desa Berdaya 2021. 


"Kami berharap dengan launching ini bisa menjadi tonggak awal bangkitnya desa berdaya dan bisa membawa berkah untuk kita semua," kata Agus.


Sementara Camat Cerme, Suyono,  menyampaikan apresiasinya kepada Pemdes Banjarsari atas inovasi dan kreativitas para  pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang berhasil mengubah limbah sampah menjadi produk unggulan desa yang berharga. 


"Desa Banjarsari telah membawa harum Kecamatan Cerme. Kami berharap agar terus ditingkatkan dan perlu diperluas segmen pasarnya serta diperbanyak item produk barunya. Teruslah berjuang, berkreasi dan berkarya untuk Desa Banjarsari," pesan Camat Suyono penuh semangat.


Acara ditutup dengan peragaan busana atau fashion show menampilkan berbagai produk unggulan desa yang terbuat dari limbah sampah. Hadir dalam acara tersebut Camat Cerme Suyono beserta Ketua TP PKK Kecamatan dan Pengurus, Perwakilan dari PMD Gresik, pelaku UMKM, Ketua DPP ASMIPA Umi Kulsum, Perwakilan GOLs dan undangan lainnya, serta masyarakat setempat. (sal)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update