Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Desainer dan Produser NYIFW Vanny Tousignant Puji Indonesia Fashion Week

Saturday, April 16, 2022 | 00:51 WIB Last Updated 2022-04-15T18:18:54Z
Designer Zuebarqa by Benz  bersama model dari New York Mirka Miroslava dan Designer yang  juga Dokter, Dr RR by Dr Rosaline Rumaseuw, saat berfoto bersama sebelum show di backstage.



JAKARTA (DutaJatim.com) - Setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19, Indonesia Fashion Week (IFW) akhirnya kembali digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 13-17 April 2022. Tahun ini IFW mengusung tema "Magnificent Borneo". 


Desainer, produser, dan founder New York Indonesia Fashion Week (NYIFW), Vanny Tousignant, menilai, IFW membuktikan dunia fashion Indonesia berkembang pesat. Bahkan IFW tidak kalah berkualitas dibanding dengan New York Fashion Week, Paris Fashion Week, London Fashion Week, atau Milan Fashion Week.  Selama ini Vanny bersama tim NYIFW juga sudah tampil di sejumlah ajang fashion bergengsi kelas dunia tersebut.  


"Congratulations untuk Indonesia Fashion Week, untuk founder Ibu Poppy Dharsono dan team. Congratulations juga untuk semua designers yang bergabung di panggung bergengsi ini, Indonesia Fashion Week," kata Vanny Tousignant kepada DutaIndonesia.com, Jumat (15/3/2022). 


Vanny membenarkan ada beberapa designers New York Indonesia Fashion Week ikut berpartisipasi pada acara Indonesia Fashion Week tersebut. Begitu pula sejumlah calon designer yang akan tampil di New York Indonesia Fashion Week juga ada yang berpartisipasi di acara IFW kemarin.


 "Menurut pengamatan saya, Indonesia memang tidak kalah dengan New York,  London, Paris, Milan, dan ajang fashion-fashion dunia yang lain. Designs-designs dari para designers Indonesia sangat bagus dan berkualitas," ujarnya.


Untuk Indonesia,  khususnya Indonesia Fashion Week,  kata dia, para modelnya pun terkurasi dengan sangat ketat dan mengikuti standar internasional. 


"Untuk models perempuan 5'9 ke atas dan size 00 to 2, untuk Pria size 5'11 ke atas, itu yang saya lihat dari video dan salah satu model kami dari NY pun ikut berpartisipasi membawakan design karya Dr R R kemarin tanggal 14 April. Panggung untuk IFW cukup  keren, kalau NY, Paris, Milan, London sudah jarang yang menggunakan panggung. Audiences saya perhatikan sangat bagus, pilihan dan ini sangat diperlukan bagi designers untuk network dan penjualan," katanya. 


Vanny juga banyak mendapatkan berita dari beberapa tamu yang hadir yang kebetulan juga para pebisnis fashion Indonesia. Vanny selalu aktif berkomunikasi dengan para pebisnis fashion itu di New York melalui telepon atau zoom. 


"Untuk para designers yang juga sudah mendaftar untuk mengikuti NYIFW, sampai ketemu nanti di New York Indonesia Fashion Week pada  September 2022, di Wall Street,  New York," ujarnya sambil menunjukkan video dan foto desainer dan model dari NYIFW yang ikut ajang bergengsi tersebut. 


"Designer Zuebarqa by Benz ,  model dari NY Mirka Miroslava dan Designer dan juga Dokter, Dr RR by Dr Rosaline Rumaseuw, saat berfoto bersama sebelum show di backstage," katanya.


Budaya Kalimantan


Tampak Batik Tenun Vi dari Balikpapan karya Benz tampil memesona pengunjung IFW 2022.  Karya ini selaras dengan tema "Magnificent Borneo".


Tema ini  sebenarnya merupakan rangkaian tema IFW Tahun 2020 yang tidak bisa digelar karena pandemi covid-19. Presiden IFW 2022, Poppy Dharsono, berharap ajang IFW 2022 bisa menjadi penyemangat bagi para pelaku industri fashion di Tanah Air untuk terus menciptakan karya-karya terbaiknya. Apalagi kini industri fashion masih belum sepenuhnya pulih.


Empat ikon model IFW 2022 ikut tampil membuka parade dari 40 desainer pilihan dalam upacara pembukaan IFW 2022. Tiap desainer menampilkan koleksi terbaiknya dengan sentuhan budaya Kalimantan. 


Sebenarnya desainer dari 18 negara juga hendak berpartisipasi, namun karena ketegangan Rusia-Ukraina dan juga kekhawatiran akan covid-19, mereka terpaksa batal hadir pada tahun ini.


Dalam upacara pembukaan IFW 2022, Poppy Dharsono menjelaskan alasan mengapa memilih Borneo untuk menjadi tema IFW tahun ini. Menurut dia, karena selama ini daerah Kalimantan masih belum terdengar gaungnya di dunia fashion jika dibandingan daerah-daerah lain. Seperti Sumatera, Bali, NTT, atau bahkan Jawa.


"Borneo belum pernah kita touch. Setelah 2 tahun ini nah kita terus touch Borneo. Sekarang semua orang pakai. Saya kira Indonesia Fashion Week mampu memotivasi fashion di Borneo sendiri. Dan craft, fashion, ditransformasikan ke fashion craft yang nantinya bisa memberikan value added," kata Poppy Dharsono.


Para desainer sendiri menyambut gembira IFW 2022 sebab mereka telah menanti sejak dua tahun lalu. "Dua tahun pandemi, kita tetap berkarya. Tapi memang enggak ada gregetnya, jadi kita pun kerja online saja. Dengan adanya Indonesia Fashion Week 2022 ini kayak telur pecah, akhirnya terlaksana," ujar desainer brand Yoha, Yoha Friska Meifanny. 


Yoha bercerita kalau dirinya menampilkan karya-karyanya yang sudah didesain sejak akhir 2019. Karya tersebut seharusnya dibawa saat IFW 2020, namun pertunjukan itu batal akibat adanya pandemi Covid-19. Akhirnya, setelah dua tahun tersimpan, karya baju muslim syari dengan tema AM to PM yang dibuatnya sejak dua tahun lalu itu bisa dipamerkan ke publik.


"Desain sudah dari Desember 2019. Niatnya mau buat IFW April 2020. Tapi acaranya batal, jadi akhirnya aku simpan lagi. Tapi itu enggak berubah warna sama sekali, gak berubah bentuk, semua masih bagus," tuturnya.


Berbeda dengan desainer Emildasyari, Rina Emilda. Ia menyampaikan kalau setiap pakaian muslim syari yang dibawanya ke IFW 2022 menjadi desain baru dan menjadi edisi spesial Ramadhan dan Idul Fitri. 


"Persembahkan selama 9 tahun memulai industri fashion ini, saya sebut ini menjadi karya terbaik dengan rancangan full detail, layer, rampil, kombinasi pile broket. Saya ingin buat keindahan baju syari," ujarnya dikutip dari suara.com. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update