Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hari Ini MUI Gresik Rapat Bahas Geger Pria Nikahi Kambing

Thursday, June 9, 2022 | 11:27 WIB Last Updated 2022-06-09T04:27:34Z

GRESIK (DutaJatim.com) - Heboh  pernikahan seorang pria dengan kambing berbuntut panjang. Masyarakat tidak begitu saja percaya dengan alasan para pihak yang terlibat dalam acara pernikahan itu, yang berdalih demi konten media sosial (medsos). Apalagi prosesi pernikahan itu, seperti terlihat dalam video yang viral, dilakukan dengan cara Islam. 

Untuk menghindari keresahan masyarakat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik pun bergerak cepat menyikapi viralnya ritual pernikahan seorang pria di Gresik dengan seekor kambing yang menggegerkan warga tersebut. MUI Kab. Gresik akan melakukan rapat membahas masalah itu pada Kamis (9/6/2022) hari ini. 

"MUI menganggap masalah ini tidak sekadar konten media sosial, seperti dalih mereka, sebab dilakukan dengan serius menggunakan tata cara pernikahan agama Islam.  Kami menilai prosesi pernikahan tersebut telah menyimpang dari syariat Islam. Karena itu MUI akan membahas dalam rapat Kamis (9/6/2022) ini," kata Sekretaris 1 MUI Kab. Gresik, Ustad Nur Fakih, Rabu kemarin.

Pria yang dikenal sebagai pengamat sosial dan keagamaan ini menegaskan, MUI juga akan melakukan pembinaan terhadap mereka yang terlibat dalam acara pernikahan yang sesat itu. Untuk itu MUI meminta para pelakunya bertaubat serta memohon ampunan kepada Allah SWT. 

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Gresik, KH Mansoer Shodiq, mengatakan, MUI Gresik secepatnya akan memanggil sejumlah pihak yang terlibat dalam acara itu. Termasuk para saksi, di antaranya anggota DPRD Gresik Nur Hudi Didin Arianto. Nur Hudi sendiri merupakan pemilik pesanggrahan tempat pelaksanaan ritual pernikahan aneh yang dinilai sesat tersebut.

Dia menegaskan, sesuai fitrahnya manusia diciptakan berpasang-pasangan laki-laki menikah dengan wanita. Begitu juga hewan jantan berpasangan dengan hewan betina. 

"Terkait adanya video manusia menikahi kambing, nyata-nyata telah melakukan perbuatan haram, para pelakunya berdosa,” kata KH Mansoer.

Pendapat senada disampaikan Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani yang menilai ritual pernikahan seorang pria dengan kambing merupakan perbuatan tidak bermoral, layaknya zaman jahiliyah.  "Ini perbuatan tidak bermoral kembali ke jahiliyah,” 

Seperti diketahui warga Gresik dibikin heboh oleh video viral seorang pria bernama Syaiful Arif menikahi seekor kambing.  Meski pembuat video telah meminta maaf dan menyatakan video tersebut sebagai hiburan, tetapi kecamatan terus berdatangan. "Bila tidak segera diselesaikan ini bisa berbahaya, bisa dilaporkan ke polisi juga pelakunya," kata Kusnindar, warga Gresik. (nas)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update