Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Puting Beliung 'Mengamuk' di Empat Kecamatan Kabupaten Sidoarjo: Hotel dan Rumah Porak Poranda, Dua Orang Korban Luka-luka

Monday, October 24, 2022 | 13:19 WIB Last Updated 2022-10-24T08:08:20Z
Kondisi Hotel Aston Kahuripan setelah diamuk angin kencang.


SIDOARJO (DutaJatim. com) - Empat wilayah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo diamuk angin Puting Beliung. Selain itu, sejumlah kabupaten lain di Provinsi Jawa Timur dalam seharian Minggu (23/10/2022) ikut diguyur hujan lebat. Secara hampir bersamaan wilayah - wilayah diguyur hujan lebat sejak pukul 15.00 WIB.  Hingga pukul 20.30 WIB, di luar Sidoarjo masih turun hujan disertai angin kencang melanda terutama beberapa kabupaten bagian Timur Provinsi Jawa Timur.

Empat wilayah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo yang banyak ditemukan bangunan rusak adalah Gedangan, Taman, Buduran dan Sidoarjo Kota. Akibat hujan dan angin kencang di Sidoarjo, tercatat puluhan unit bangunan pemukiman milik warga rusak berat dan dua orang mengalami luka. Bahkan Hotel Aston di kawasan Perumahan Kahuripan Sidoarjo tak luput dari amukan angin kencang (Puting Beliung) tersebut. 

Dari pantauan wartawan di lapangan, sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan ditemukan di Perumahan Jade Ville, Perumahan Omah Pesona, perumahan Citra Garden Desa Entalsewu dan kondisi paling parah dijumpai di Perumahan Kahuripan. Bahkan hotel yang berada di bagian Utara kawasan itu, ikut diamuk angin Puting Beliung. Akibat Puting Beliung, lantai tiga Hotel Aston yang terdapat restoran menjadi porak-poranda fasilitasnya. 

Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Sidoarjo, tidak hanya menyebabkan pohon tumbang dan sejumlah tiang lampu listrik roboh. Tapi juga terdapat puluhan atap rumah warga rusak berat. Termasuk yang terjadi di Perumahan Citra Garden, Omah Pesona dan Jade Ville banyak kanopi depan rumah roboh.  

Atas musibah tersebut, Marketing Comunication Aston Hotel Sidoarjo, Novita mengatakan kepada wartawan, kerusakan akibat diterjang angin puting beliung menimpa lantai tiga. 

Novita yang sedang tidak di tempat kerja, mengungkapkan, mendapatkan laporan dari rekannya. Bahwa puting beliung menerjang restoran Aston Hotel.

Di lapangan terpantau, semua pengunjung di restoran hotel dinyatakan selamat. Mereka langsung dievakuasi ke lantai dua. 

Novita juga menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Karena keselamatan pengunjung menjadi  prioritas. 

Di wilayah desa maupun kelurahan yang terpantau, warga yang terdampak angin Puting Beliung juga mengeluhkan padamnya lampu listrik. Sehingga mereka tidak bisa membenahi dan membersihkan rerunruhan puing-puing rumah mereka karena gelap. Sejumlah warga yang berhasil ditemui wartawan, mengungkapkan, aktivitas warga terganggu akibat aliran listrik padam. Bagi pemilik rumah yang tidak rusak, mereka mengaku tetap ingin membersihkan kotoran akibat hujan dan tiupan Puting Beliung. Namun para  penghuninya mengaku tidak dapat beraktivitas untuk membersihkan kotoran di masing-masing rumahnya. 

Wartawan DutaJatim.com melaporkan, dari kawasan Kahuripan, Citra Garden, Jade Ville, Omah Pesona serta di kawasan jalan protokol Aloha Kecamatan Gedangan.  Di lokasi musibah, dapat dijumpai sejumlah pepohonan, tiang billbord, tiang listrik maupun puluhan atap teras rumah mengalami ambruk. 

Dua Orang Korban

Dari data kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo,  akibat angin kencang sepanjang sore itu, rumah-rumah warga di Kecamatan Buduran, Taman dan Sidoarjo yang rusak berat sebagai berikut:

Data kerusakan yang dihimpun sementara di Kecamatan Buduran:


1. Desa Sidokepung di  RT 46 RW 05 adalah sebuah rumah;

2. Di Desa Sidokepung RT 46 RW 06 adalah dua belas rumah;

3. Di Desa Sidokepung RT 16 RW 04 adalah sepuluh rumah. 

2. Di kawasan  Perumahan Kahuripan bagian Utara yang masuk Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran terdapat puluhan rumah rusak. 

3. Di Perumahan Citra Garden Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran terdapat belasan rumah rusak berat. 

Kecamatan Taman

Di Desa Tanjungsari RT 04 dan RT 05 RW 05 adalah  dua unit rumah, serta sebuah tempat usaha milik warga setempat. 

Di Wilayah Kecamatan Sidoarjo Kota:
Yaitu di Desa Jati RT 21 RW 06 terdapat tiga rumah rusak.

Angin Puting Beliung juga 'mengamuk' di sepanjang Jalan Kartini Kecamatan Sidoarjo. Kemudian sejumlah fasilitas umum ditemukan roboh dan rusak di sepanjang Jalan Raya Aloha, Kecamatan Gedangan. 

Dalam musibah ini, dijumpai korban luka seorang akibat tertimpa pohon. Yakni Mohammad Zainul di Jalan Raya Aloha dan seorang korban luka lagi karena tertimpa genting bernama Mochammad  Alonso berumur lima belas tahun, warga Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran. 

Upaya BPBD

Dari staf BPBD Kabupaten Sidoarjo Jalan Sultan Agung Nomor 19, Kelurahan Magersari, Kecamatan Sidoarjo, sejak turun hujan Minggu kemarin, 
Tim Reaksi Cepat  BPBD dan Tim Rescue telah melakukan pemotongan pohon tumbang. Dua tim BPBD Sidoarjo itu  berkoordinasi pemerintah desa setempat dan tim dari  kecamatan, Dinas Lingkungan dan Kebersihan, Perusahaan Listrik Negara, Polisi Sektor Gedangan, Sidoarjo, Taman maupun Buduran.

 Kemudian juga kerjasama dengan Tentara Nasional Indinesia, Posko 112, Palang Merah Indonesia, Pramuka, sejumlah relawan serta warga untuk melakukan assessment dan pembersihan kerusakan. 


Tim BPBD Sidoarjo juga memberikan terpal kepada empat warga yang atap  rumahnya hancur. Bantuan  diserahterimakan kepada Zainal, Robit,  Budi, serta Edi, warga Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran. Sumber BPBD ini, hingga kini masih dilakukan pendataan kerusakan oleh tim BPBD Sidoarjo. (sos)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update