Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kuatkan Peran Guru Kembangkan Aswaja, LP Ma'arif NU Jawa Timur Gelar Training of Trainer bagi Guru

Friday, December 9, 2022 | 18:43 WIB Last Updated 2022-12-09T11:43:29Z

 


MALANG (DutaJatim.com) - Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Timur menggelar acara Training of Trainer (TOT) dengan tajuk pelatihan "Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an". Acara bertempat di Hotel Bwalk Malang yang berlangsung mulai Hari Jum'at (9/12/2022) sampai dengan Hari Minggu (11/12). TOT kali ini dihadiri oleh PWNU, PW LP Ma'arif NU, PC LP Ma'arif NU, serta para perwakilan Guru di bawah naungan LP Ma'arif NU Jawa Timur. 


Peserta TOT merupakan perwakilan 3 orang Guru yang ditunjuk oleh masing-masing Pengurus Cabang LP Ma'arif NU di semua Kabupaten/Kota yang berada di Jawa Timur. Pembukaan TOT dimulai pukul 14.00 WIB di aula Hotel Bwalk Malang. Pembukaan diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Syubbanul Wathon, dan Mars LP Ma'arif NU. 


Acara TOT dilanjutkan dengan sambutan oleh KH Noor Shodiq Askandar, S.E., M.M. selaku Ketua PW LP Ma'arif NU Jawa Timur.  "TOT ini bertujuan untuk menguatkan peran Guru dalam mengembangkan pembelajaran ala Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja). Acara ini  dilatarbelakangi oleh semangat Pengurus Wilayah untuk meng-NU-kan lembaga pendidikan Ma'arif se-Jawa Timur,"  kata  Gus Shodiq dalam sambutannya. 


 Training of Trainer oleh Ma'arif NU Jawa Timur ini, diselenggarakan dalam 3 kluster. Kluster pertama dilaksanakan di hari pertama untuk Guru Pendidikan Dasar, kluster kedua dilaksanakan di hari kedua untuk Guru Pendidikan Menengah Pertama, dan kluster ketiga dilaksanakan di hari ketiga untuk Guru Pendidikan Menengah Atas. 


Lebih lanjut, pada pembukaan TOT tersebut juga disampaikan bahwa,
Tim Aswaja LP Ma'arif NU Jawa Timur sudah berhasil menerbitkan Buku Saku Aswaja dan Ke-NU-an, sebagai buku pegangan bagi Guru dan Siswa Ma'arif dalam mempelajari Aswaja dan NU secara utuh. 


Training of Trainer diikuti secara antusias oleh peserta. Hal ini terbukti dari target 90 peserta ternyata dihadiri oleh 96 peserta. Gus Shodiq juga menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan yang pertama, selanjutnya akan ada tindak lanjut untuk pelatihan berikutnya sehingga peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang maksimal dari TOT dan menjadi pelopor penguatan NU di lembaga pendidikan masing-masing.


Pembukaan TOT dilakukan secara resmi di akhir mauidhoh hasanah oleh K.H. Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jawa Timur. Kyai Marzuki menegaskan, acara TOT ini merupakan acara penting yang sebaiknya dilaksanakan berkelanjutan supaya benar-benar menghasilkan kader NU yang militan menuju Ma'arif Jawa Timur yang benar-benar Nahdlatul Ulama baik secara dhohir maupun bathin.


 "NU berbeda dengan aliran-aliran lainnya. Marilah kita pahami Nahdlatul Ulama secara utuh. TOT ini akan melatih kita bagaimana mengabdi secara utuh di Nahdlatul Ulama. Semoga kita semua mendapat keberkahan KH Hasyim Asy'ari ", jelas K.H. Marzuki ketika membuka acara TOT tersebut. Acara pembukaan TOT ditutup dengan do'a penutup oleh K.H. Marzuki, untuk kelancaran dan kemanfaatan acara hingga akhir. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update