Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Di Bawah 'Payung Madinah' Kota Pasuruan, Gubernur Khofifah Berikan 500 Santunan Anak Yatim dan 50 Zakat Produktif

Tuesday, April 18, 2023 | 21:08 WIB Last Updated 2023-04-18T14:08:15Z


Berharap Pelaku Usaha Ultra Mikro Terbebas Jeratan Rentenir dan Sambut Lebaran dengan Suka Cita


PASURUAN (DutaJatim.com) - Perjalanan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membersamai anak-anak yatim piatu dan pelaku usaha ultra mikro di daerah terus berlangsung hingga menjelang akhir Bulan Ramadhan. Usai memberikan santunan anak yatim dan bantuan usaha Z Chicken di Kabupaten Probolinggo, Gubernur Khofifah langsung melanjutkan Safari Ramadhan ke Kota Pasuruan, Senin (17/4/2023). 


Di bawah "Payung Madinah" Masjid Agung  Al Anwar Kota Pasuruan,  Gubernur Khofifah bersama Ketua Baznas Jatim M. Roziqi dan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menyerahkan zakat produktif kepada 50 pelaku usaha ultra mikro.  Zakat produktif yang diserahkan berupa uang tunai sebesar Rp 500.000 per orang. 


"Meski nilainya tidak besar, tapi untuk para pelaku usaha ultra mikro, itu sangat berarti. Tujuannya, agar para pelaku usaha ultra mikro terhindar dari jeratan hutang ke rentenir," ujarnya kepada awak media. 


Sebab seringkali pelaku usaha ultra mikro kesulitan mendapatkan  akses permodalan secara konvensional, sehingga berhutang kepada rentenir dengan bunga tinggi menjadi opsi agar tetap bisa berusaha. Padahal dengan jeratan rentenir ibarat lingkaran setan yang merugikan pelaku usaha ultra mikro. 


Untuk itu, dengan sapaan sosial yang dilakukan oleh Gubernur Khofifah berupa pemberian zakat produktif ini diharapkan bisa mencegah pelaku usaha ultra mikro terjerat bujuk rayu rentenir. 


Selain bantuan berupa uang tunai, ke 50 pelaku usaha ultra mikro tersebut juga mendapat paket sembako. Dengan bantuan tersebut diharapkan para pelaku usaha ultra mikro bisa mengembangkan usahanya dan bisa menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H dengan suka cita. 


Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga menyantuni 500 anak yatim/piatu. Santunan yang diberikan berupa uang tunai dan paket tas sekolah. Terlihat wajah ceria mereka ketika menerima santunan langsung dari orang nomor 1 di Jatim tersebut.


"Terima kasih juga untuk Pemkot Pasuruan yang sudah menyediakan momentum kami untuk berbagi dengan anak-anak yatim/piatu dan pelaku usaha ultra mikro," ujarnya.


Memasuki waktu berbuka puasa, Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri untuk membagi-bagikan takjil berupa kurma kepada warga dan anak-anak yatim/piatu di halaman Masjid Agung Al Anwar. Suasana kekeluargan tercipta kala Gubernur Khofifah, Wali Kota Saifullah Yusuf, dan jajaran Forkopimda Pasuruan duduk bersama berbuka puasa dengan warga.


Sementara itu, Ketua Baznas Jatim M. Roziqi mengatakan bahwa ini merupakan Safari Ramadhan Gubernur Khofifah ke 12. Ada yang istimewa dalam kegiatan santunan anak yatim/piatu dan penyerahan zakat produktif kali ini. Sebab, bertepatan dengan malam ke 27 Ramadhan.


"Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah bahwa kalau ingin mendapat malam Lailatul Qodar carilah di malam ke 27 Ramadhan. Mudah-mudahan kebaikan yang kita lakukan hari ini bisa mendapat keberkahan Lailatul Qodar," ujarnya.


Di sisi lain, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Khofifah yang telah memberi perhatian kepada masyarakat Pasuruan. Di hadapan warga Pasuruan, ia juga menceritakan bahwa perhatian Gubernur Khofifah terhadap warga Pasuruan tidak hanya pada Safari Ramadhan kali ini saja. 


"Sebelum-sebelumnya beliau juga sering memberikan dukungan terhadap Pasuruan. Salah satunya bantuan sebesar Rp 10 milyar untuk revitalisasi pasar besar," ujarnya disambut gemuruh tepuk tangan warga. 


"Terima kasih atas semua dukungan yang sudah diberikan oleh Ibu Gubernur. Kami juga memohon dukungan ke depannya untuk pembangunan Kota Pasuruan," tandasnya.


Wali Kota Saifullah Yusuf juga sempat mengajak Gubernur Khofifah melihat-lihat suasana Alun-alun Pasuruan yang terletak tepat di depan Masjid Jami' Al Anwar. Selain itu, ia juga memamerkan mekanisme buka-tutup miniatur payung ala Madinah di halaman masjid tersebut. (Nas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update