Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Habis Sowan ke Habib Luthfi, Prabowo Silaturahim ke Ulama Jatim

Saturday, May 20, 2023 | 19:01 WIB Last Updated 2023-05-20T12:01:46Z



SURABAYA (DutaJatim.com)- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan safari kunjungan ke sejumlah ulama dan kiai di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Selain itu Prabowo juga menemui para relawannya di dua provinsi tersebut. Relawan Jokowi dan Gibran se-Jateng serta Jatim misalnya resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. 


Prabowo bertemu  Habib Luthfi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023). Selanjutnya Prabowo juga bertemu sejumlah kiai di Jatim, salah satunya, menurut sumber, adalah Pendiri dan Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Surabaya dan Mojokerto, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim MA, di Pacet Mojokerto Minggu (21/5/2023). Selama ini Kiai Asep dikenal mendukung Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.


Prabowo juga disebut-sebut akan silaturahim ke Ponpes Tebuireng dan Tambak Beras Jombang sekaligus ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahab Chasbullah. 


Sebelumnya saat bersilaturahmi ke Habib Luthfi di Pekalongan, Prabowo yang sekarang menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) datang bersama dengan  Gus Miftah. Prabowo dan Gus Miftah kemudian ditemui di lantai dua rumah Habib Luthfi, yang juga menjabat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). 


Di lantai 2, saat bertemu, Menhan Prabowo menunjukkan keris berwarna kuning keemasan ke Habib Luthfi. 


Sesaat kemudian, Prabowo menaruh keris tersebut ke kotak yang dibawa oleh Gus Miftah. Usai bertemu dengan Habib Luthfi, Menhan Prabowo mengatakan bahwa kedatangannya merupakan silaturahim karena masih di bulan Syawal. "Suasana Lebaran ke beliau baru hari ini sempat diterima, tadi alhamdulillah makan siang yang dimasak oleh Umi. Kami sudah berteman lama sejak puluhan tahun," kata Prabowo. 


Prabowo Subianto sempat dibawa ke ruangan khusus di kediaman Habib Luthfi selama kurang lebih 30 menit. Menhan menyebut, ada banyak materi pembicaraan dirinya dengan Habib Luthfi. "Beliau ingin pemerintah memperhatikan situs-situs, makam-makam pahlawan banyak yang telantar. Beliau ingin diperbaiki, dan saya sebagai menteri pertahanan mendukung. Monumen-monumen perjuangan yang dirintis, saya ikut memperbaiki maupun menyelesaikan," tambah dia. 


Relawan Jokowi-Gibran


Dari Pekalongan, rombongan Prabowo ke Solo di mana dia mendapat dukungan dari relawan Jokowi dan Gibran se-Jateng dan Jatim. Dukungan itu disampaikan saat mereka bertemu Prabowo Subianto secara langsung. Koordinator relawan Gibran sekaligus pihak yang mengundang, Kuat Hermawan Santosa, mempertemukan mereka dengan Prabowo di Solo. 

"Pak Prabowo sudah di tengah-tengah kita, Pak Prabowo saya sampaikan juga kawan-kawan relawan ini mendukung Bapak," kata  Kuat Hermawan Santosa di Solo seperti dilansir detikJateng, Jumat (19/5/2023).

Kuat mengatakan ada beberapa pertimbangan mendukung Prabowo sebagai Capres 2023 dibanding capres PDIP Ganjar Pranowo. Menurutnya, Prabowo berkomitmen meneruskan gagasan Jokowi.


"Usai melakukan konsolidasi di Loji Gandrung, konsolidasi Jateng dan Jatim kita mengerucutkan suara jadi satu nama Prabowo. Pertimbangan karena komitmen Prabowo kepada RI sangat luar biasa dan memutuskan gagasan-gagasan Pak Jokowi ke depan meneruskan program-programnya yang sudah dirintis," katanya.

Dia mengatakan 90 persen relawan yang hadir dalam acara itu  mendukung Prabowo. "Kita mengambil sikap mendukung Pak Prabowo," katanya.


Soal dukungan yang bertolak belakang dengan partai yang menaungi Gibran, PDIP, Kuat menegaskan bahwa relawan tidak terafiliasi dengan parpol. "Kami tidak berpartai. Kami tunduk dan patuh kepada Pak Jokowi. Nah arus dukungan pasca pertemuan kemarin 90 persen itu adalah arus dukungan Pak Prabowo. Ini sudah sikap resmi dari kawan-kawan,"  ujarnya. (gas/kcm)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update