Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hadiwarno, Desa Berprestasi se-Jatim

Friday, October 21, 2011 | 22:53 WIB Last Updated 2011-10-25T19:26:09Z
Desa Hadiwarno, berwarna-warni

DESA Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, pada tahun 2011 ini ditetapkan sebagai “Desa Berpresrtasi” tingkat Provinsi Jawa Timur. Lingkungan desa tertata rapi, rindang dan asri, sebab halaman setiap rumah penuh polybag tanaman sayuran dan toga (tanaman obat keluarga).
  Bila malam hari, warna warni lampu penjor menghiasi jalan raya  Pacitan-Trenggalek tepat di ruas jalan Desa Hadiwarno. Setiap pintu masuk gang terdapat pos kamling plus peralatannya, seperti kentongan, senter, dan kentes (alat pemukul). Tak lupa pula papan pengumuman di tiap-tiap lingkungan. Meski selalu waspada, masyarakat sangat terbuka dan sangat ramah terhadap orang luar.
  Dalam bidang pemberdayaan ekonomi, warga desa dinilai kreatif untuk memaksimalkan sumber daya alam di desa. Pohon kelapa yang tumbuh subur bisa dipakai untuk banyak keperluan, antara lain  memanfaatkan sabut kelapa untuk mebel, VCO (virgin coconut oil), minyak asap, dan arang.
  Selain itu, juga dapat digunakan untuk pembuatan sapu ijuk, sapu lidi, hingga gula kelapa. Pohon kelapa yang melimpah ruah benar-benar dimanfaatkan warga desa. “Kalau saya memandang dari luar, kebersamaan warga dengan pemerintah desanya sangat luar biasa. Setiap ada kegiatan, dukungan masyarakatnya sangat tinggi.”ujar Kepala Desa Hadiwarno Sugiyanto (56 tahun).
Meski menang lomba, pihaknya belum puas sebab tujuan utamanya belum tercapai yaitu mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat. Banyak warga yang masih tergolong miskin, dan juga tidak sedikit yang bekerja di luar negeri sebagai TKI/TKW.
Untuk itu, dia berusha keras agar potensi wisata Pantai Taman yang masih perawan itu bisa dikembangkan lebih menarik lagi, sehingga desa memiliki sumber keuangan yang dapat diguanakan untuk peningkatan APBDes.(bdh,nf)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update