Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jamur Muclis Sejahterakan Masyarakat

Friday, October 21, 2011 | 22:54 WIB Last Updated 2011-10-25T18:03:27Z
Desa Tiudan, Kec. Gondang
Awalnya untuk diri sendiri, selanjutnya untuk  menolong orang lain.Itu dilakukan  Muclis (37) yang sukses membudidayakan bibit jamur tiram di  Desa Tiudan, Kab. Tulungagung ini sejak tahun 2007. Kini keberhasilannya itu tidak hanya  mampu   menghidupi keluarganya tapi juga para petani jamur di sejumlah daerah di Jawa Timur.
Muclis tidak pernah berangan-angan hidup dari jamur tiram. Ide membudidayakannya didapat dari petani jamur Wonosobo Jawa Tengah. Berkat kegigihannya berwirausaha akhirnya dia pun sukses jadi petani sekaligus pedagang  jamur.
Dalam satu hari dia berhasil memproduksi sebanyak 15 kg jamur dengan harga sekitar p 10 ribu/Kg. Selain itu dia juga menyediakan bibit jamur  yang setiap harinya tidak kurang dari 1000 kantor terjual dengan harga Rp 2.700/kantong.
Membudidayakan jamur, kata dia,tidaklah rumit. Mulai pembuatan bibit hingga panen tidak membutuhkan perawatan yang terlalu njlimet. Prosesnya sederhana saja. Petani cukup menjaga kelembaban tempat budidaya.
     “Untuk menjaga kelembaban ini saya cukup menyemprotkan air sekali sehari. Kalau cuaca panas dua kali, tapi kalau musim hujan, cukup satu kali. Waktu yang dibutuhkan mulai awal hingga panen juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 1 bulan saja,” kata Muclis.
   Karena itu, usaha budidaya jamur tiram ini praktis tidak ada kendala. Yang penting proses sterilisasi kantong tempat bibit jamur dan menjaga kelembaban tempat budi daya tiram tersebut. (bdh)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update