Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Museum Trowulan Buka Pelatihan Bahasa Jawa Kuno

Tuesday, February 14, 2012 | 23:03 WIB Last Updated 2012-02-14T16:03:35Z
SUASANA pelatihan Bahasa Jawa Kuno di Museum Trowulan.
MOJOKERTO - Dalam mempromosikan wisata, Museum Trowulan di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto tak hanya memamerkan berbagai macam peninggalan dari Kerajaan Majapahit saja. Pasalnya, mulai bulan ini ada pelatihan gratis bahasa Jawa kuno (Hipnugrafi).
Kepala Museum Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, pelatihan tersebut digelar oleh  Museum Trowulan setiap hari Sabtu minggu pertama dan ketiga tiga setiap bulannya. "'Ini pelatihan terbuka Jawa kuno yang digelar secara gratis baik untuk umum dan mahasiswa. Metode yang diterapkan adalah metode huruf evolusi mulai dari huruf awal hingga baru. Mereka akan diberikan teori dan praktek langsung dengan alat peraga berbaga macam peningggalan Kerajaan Majapahit yang ada di sini,'' kata Wicaksono seperti ditulis beritajatim.com beberapa waktu lalu.
Kursus hipnugrafi ini, diharapkan bisa kembali mengangkat nama Kerajaan Majapahit ke masyarakat luas selain peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Museum Trowulan. Selain itu, dengan fokus pelatihan bahasa Jawa kuno bisa membangkitkan minat bahasa Jawa yang sudah luntur di masyarakat.
''Pelatihan sendiri memakan waktu selama dua jam, namun pelatihan ini sifatnya tidak memaksa. Bagi yang datang satu kali atau ikut satu jam saja, juga bebas terserah mereka. Kita sudah memberikan sosialisasi terkait pelatihan ini ke masyarakat sebelumnya, sehingga bagi masyarakat yang berminat bisa datang kesini untuk belajar bahasa Jawa kuno,'' lanjutnya.(*)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update