Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Banjir Melanda Kota Pacitan

Wednesday, January 9, 2013 | 10:32 WIB Last Updated 2013-01-09T03:32:12Z


PACITAN – Banjir kota kembali terjadi. Akibat diguyur hujan deras selama tiga hari terakhir ini, sejumlah ruas jalan protokol di Pacitan tergenang banjir. Fenomena yang terjadi setiap musim penghujan tersebut sempat terjadi di sepanjang Jl. A. Yani, PB Soedirman, Kapten Satsuit Tubun, dan Mr Suryo. Banjir juga menggenangi Alun-Alun Pacitan.
Sekalipun tidak terlalu tinggi, namun genangan banjir sempat mengganggu kelancaran arus lalu-lintas. Beberapa kendaraan yang nekad menerobos genangan air, akhirnya mengalami gangguan mesin hingga macet di tengah jalan. Edi Susilo, salah seorang warga mengatakan, banjir kota biasa terjadi lantaran tidak berfungsinya sistem drainase kota. “Kapasitasnya sudah tak mampu lagi menampung debit air yang terlampau tinggi. Sehingga airnya meluber ke jalan,” jelas Edi, Selasa (8/1).
Sementara itu Kasie Kedaruratan Dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Juri mengatakan, saat ini cuaca memang lagi ekstrim. Intensitas hujan, diperkirakan masih sangat tinggi. Karena itu warga masyarakat diimbau lebih waspada lagi. Apalagi bagi pengguna jalan yang melintasi jalur Pacitan-Ponorogo dan Arjosari-Bandar. Sebab jalur tersebut, sekarang ini seringkali terjadi longsoran. “Banyak pohon tumbang dan longsoran,” ujarnya.
Juri mengatakan, BPBD telah melakukan antisipasi dini yaitu dengan mempersiapkan peralatan berat dititik-titik rawan bencana. Selain itu kesiapan personil dan logistik. “Kita berharap jangan sampai jatuh korban jiwa. Sekalipun beberapa hari terakhir ini bencana tanah longsor telah meluluh lantahkan beberapa perumahan warga,” harapnya. * yun

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update