-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hari Ini Presiden Jokowi Tentukan Titik Pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru

Selasa, 17 Desember 2019 | 07.13 WIB Last Updated 2019-12-17T00:13:11Z


JAKARTA (DutaJatim.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019) hari ini. Kepala Negara melihat lokasi pemindahan Ibu Kota baru khususnya menentukan titik pembangunan Istana Kepresidenan.

Jokowi  lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menuju Kalimantan Timur sekitar pukul 07.30 WIB  dengan Pesawat Kepresidenan.

Setiba Kalimantan Timur, Jokowi terlebih dulu meninjau Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,35 kilometer dan meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar, Balikpapan.

Kemudian, Jokowi dan rombongan langsung menuju lokasi Ibu Kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, lahan Ibu Kota baru yang sangat luas akan dibagi beberapa klaster mulai dari pemerintahan, pusat kesehatan, hingga pusat inovasi seperti layaknya Silicon Valley.

"Titik yang pertama kali harus ditentukan yaitu klaster pemerintahan artinya istana ada di situ, kementerian-kementerian ada di situ, ini penting," kata Jokowi.

Presiden menginginkan pemindahan ibu kota baru menjadi mesin penggerak smart ekonomi. Sehingga, rancangan ibu kota baru tidak hanya berupa smart metropolis.

"Yang nyaman, yang humanis yang zero emition. Tapi akan memiliki penanda bahwa negara kita telah melakukan transformasi ekonomi ke smart ekonomi," kata Jokowi dalam rapat terbatas 'Persiapan Pemindahan Ibu Kota' di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Jokowi menerangkan, ibu kota yang baru akan dibangun berdasarkan konsep kluster-kluster seperti kluster pendidikan, kluster riset, hingga kluster bangunan untuk riset dan inovasi.

"Saya membayangkan dibangun lembaga pendidikan tinggi yang kelas dunia, yang bisa menciptakan talenta-talenta top global secara tepat," papar dia.

Jokowi ingin ibu kota baru menjadi pusat riset dan inovasi kelas dunia. "Yang menjadikan ibu kota baru ini sebagai global inovation Hub menjadi titik temu inovasi global. Dan sudah saatnya talenta-talenta Indonesia, talenta global berkolaborasi mengebangkan smart energy, smart food production yg akan menciptakan lapangan kerja baru bagi anak anak muda," jelas dia. (okz/wis)


×
Berita Terbaru Update