-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ibu Ethiopia Bekerja Setengah Abad di KBRI Addis Ababa

Senin, 23 Desember 2019 | 17.20 WIB Last Updated 2019-12-24T01:20:30Z


ADDIS ABABA (DutaJatim.com)  - Tiga dari enam orang juri lomba memasak nasi goreng di KBRI Addis Ababa dalam rangka parayaan Hari Ibu 22 Desember 2019 adalah ibu-ibu senior warga negara Ethiopia. Mereka adalah Ashu Demma (66 tahun), Almash Negushe (68 tahun) dan Askale Wardarufail (65 tahun).

Mengapa mereka ditunjuk sebagai juri? Ketiga Ibu usia lanjut itu telah bekerja di kediaman Duta Besar RI di Addis Ababa selama puluhan tahun dan pintar memasak masakan Indonesia. Bahkan Ashu bekerja sejak tahun 1967 saat masih berusia 15 tahun.  Artinya ia sudah bekerja di KBRI Addis Ababa selama 52 tahun. Sementara Almash bekerja selama 41 tahun dan Askale 30 tahun. 

“Ashu, Almash dan Askale pintar memasak masakan Indonesia. Jika KBRI Addis Ababa kedatangan banyak tamu, mereka ikut membantu membuat dan menghidangkan masakan Indonesia bersama Chef Duta Besar RI, Adi Putra Candra,” kata Ketua DWP KBRI Addis Ababa, Wenny Busyra, yang juga istri Duta Besar RI.


Tiga Ibu tersebut selalu mengatakan bahwa mereka adalah orang Indonesia setiap kali tamu-tamu KBRI Addis Ababa bertanya mereka berasal dari mana. 

“Saya sudah merasa seperti orang Indonesia karena begitu dekat dengan Indonesia dan lama bekerja di KBRI Addis Ababa. Saya senang sekali masakan Indonesia. Di rumah saya makan nasi seperti orang Indonesia,” kata Ashu. 

Ashu mulai bekerja di KBRI Addis Ababa bersama-sama dengan kakaknya. Namun kakaknya kemudian meninggal dunia. Lalu ia mengajak sahabatnya Askale menggantikan kakaknya.  

Sebelum bekerja di KBRI Addis Ababa, Almash dan Askale bekerja di keluarga diplomat Indonesia yang bertugas di KBRI Addis Ababa. 


Ketika Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi mampir di KBRI Addis Ababa, saat transit di Addis Ababa dalam perjalanan dinas tanggal 1 Desember 2019, Menlu Retno mengajak Ashu dan Almash (Askale sedang libur) serta staf di kediaman Dubes RI berfoto bersama. Mereka bahagia sekali.  

“Kami sangat senang dan serasa bermimpi. Kami merasa sangat terhormat. Apalagi berfoto dengan Ibu Menlu Retno adalah kesempatan pertama di dalam hidup kami berfoto dengan seorang Menteri,” kata Ashu dan Almash  serentak. (Gatot Susanto)
×
Berita Terbaru Update