-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Nama Garuda Tauberes Indonesia Bikin Menteri Erick Ngakak

Jumat, 13 Desember 2019 | 17.09 WIB Last Updated 2019-12-13T10:09:53Z


JAKARTA (DutaJatim.com) - Selain 142 anak perusahaaan PT Pertamina, "keluarga besar" Garuda Indonesia juga diblejeti. Bahkan  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tergelitik ketika mengetahui ada cucu perusahaan Garuda Indonesia yang bernama Garuda Tauberes Indonesia. 

Bukan hanya tergelitik, dia juga tertawa terbahak-bahak ketika menyebut nama perusahaan tersebut. Sebuah nama yang memang lucu. Tauberes artinya tanpa kerja apaapa semua pekerjaan selesai.

Bongkar-bongkar "keluarga besar" PT Garuda ini dilakukan setelah  lima eks direksi Garuda Indonesia dicopot karena keterlibatan dalam kasus dugaan penyelundupan motor gede (moge) Harley Davidson dan sepeda Brompton. Bahkan hasil penelusuran lebih jauh mereka ternyata juga merangkap jabatan sebagai komisaris di banyak anak, cucu, hingga cicit perusahaan pelat merah itu. Sekarang mereka sudah melepaskan semua jabatan itu.

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku tidak mengetahui persis fokus anak perusahaan maskapai pelat merah tersebut.

"Dan yang menarik kalau di situ ada juga yang mohon maaf menggelitik. Ada cucu dari perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tauberes Indonesia. Nggak tahu bergerak di bidang apa," kata Erick di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Erick menanggapi perusahaan Garuda Tauberes ini setelah mengetahui Ari Askhara menjabat sebagai komisaris dalam enam anak dan cucu usaha Garuda. Ia mengaku sedang melakukan review aturan rangkap jabatan.

"Karena itu sesuatu yang menurut saya tidak sehat. Masa sudah jadi dirut, jadi komisaris di banyak perusahaan," paparnya.


Anak perusahaan Garuda Indonesia ini baru dirilis pada 11 September 2019. Garuda Tauberes adalah aplikasi logistik digital yang diklaim menjadi yang pertama di Indonesia menghubungkan layanan kargo udara dengan agen pengiriman barang kepada masyarakat (end customers).

Aplikasi Tauberes merupakan platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik itu untuk kurir, air cargo gateway dan payment yang dikembangkan oleh PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI). Di dalam aplikasi ini terdapat tiga fitur utama, yaitu kirim paket, kargo udara, dan belanja online.

Mengutip laman resmi perusahaan, GTI beralamat di Gedung Garuda Indonesia Gunung Sahari Jalan Gunung Sahari Raya No. 52 Jakarta 10610. Belum banyak informasi yang ditampilkan di laman resmi perseroan selain tiga fitur utama di atas untuk pengiriman barang.

Dalam website resminya di tauberes.co.id, aplikasi ini tercatat masih dalam versi beta.

Sedang Ari Askhara menjabat di enam anak dan cucu perusahaan.

Berikut daftar perusahaan yang sempat dijabat oleh Ari Askhara.

1.Komisaris Utama PT GMF AeroAsia (anak)
2. Komisaris Utama PT Citilink Indonesia (anak)
3. Komisaris Utama PT Aerofood Indonesia (cucu)
4. Komisaris Utama PT Garuda Energi Logistik & Komersil (cucu)
5.Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Air Charter (cucu)
6. Komisaris Utama PT Garuda Tauberes Indonesia (cucu)

(Wis/cnni)

×
Berita Terbaru Update