-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tiga Polisi Tewas Disambar Petir saat Latihan di Gunung Ringgit, Ini Tips Hindari Disengat Petir

Senin, 16 Desember 2019 | 20.14 WIB Last Updated 2019-12-16T13:14:07Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Selain angin kencang alias badai yang merobohkan bangunan dan pohon, bencana yang sering datang di musim hujan adalah sambaran petir. Sudah banyak korban disambar petir saat terjadi hujan. Paling akhir menimpa rombongan polisi yang sedang latihan di Gunung Ringgit.


Tiga polisi berpangkat brigadir dilaporkan tewas disambar petir saat mengikuti Pendidikan Pengembangan Spesialis (Dikbangspes) di Gunung Ringgit, Jawa Timur. Selain itu, lima orang lainnya mengalami luka-luka. 

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi Senin (16/12/2019) membenarkan musibah itu.

"Ya benar (tiga peserta didik tewas tersambar petir)," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan,  ketiga polisi itu adalah Wisnu Mukti, Fredy Kusdianto, dan Rizky Setiawan Pratama. Sedangkan, lima orang luka-luka hingga Senin malam ini belum diketahui identitasnya. 

Peristiwa tragis itu terjadi saat peserta didik berangkat dari Desa Talunongko dengan rute Gunung Ringgit dan Gunung Welirang. Ketika itu, cuaca di lokasi tersebut sedang hujan deras. Tiba-tiba delapan polisi yang ikut latihan disambar petir yang menggelegar di kawasan itu.

Selanjutnya melalui alat komunikasi HT dilaporkan kejadian itu ada delapan orang siswa tersambar petir. Posisi kejadian di puncak Gunung Ringgit.

Setelah dilakukan pendataan ternyata tiga orang di antaranya meninggal dunia di lokasi kejadian. Petugas masih melakukan evakuasi para korban.

"Sampai saat ini masih proses evakuasi," kata Barung.

Tips Hindari Petir

Ini kejadian yang kesekian kalinya di awal musim hujan tahun ini. Karena itu masyarakat diminta berhati-hati bila melakukan aktivitas saat hujan mengguyur deras. Untuk itu BMKG memberi tips yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya sambaran petir.

1. Segeralah masuk ke dalam ruangan atau mobil jika kalian sedang berada di luar ruangan. Khususnya saat  mendengar guntur.

2. Jika kalian berada di kolam renang, segeralah naik dan menjauh, karena petir dapat menghantarkan energi ke air.

3. Jangan berlindung di bawah pohon, karena pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh.

4. Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang mudah tersambar petir.

5. Jangan berada di sawah, lapangan, atau taman, karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.

6. Jika kalian sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.

7. Jika kalian sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir. (okz/l6)
×
Berita Terbaru Update