-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Artis Ade Irawan Meninggal, Kesepian Setelah Ditinggal Ria Irawan

Jumat, 17 Januari 2020 | 20.03 WIB Last Updated 2020-01-17T13:03:18Z


JAKARTA (DutaJatim.com) -  Aktris senior Ade Irawan meninggal dunia. Rencananya jenazah almarhumah akan dimakamkan satu liang lahat dengan sang suami, Bambang Irawan.

Adhi Bambang Irawan, putra kedua dari Ade Irawan, mengatakan, bahwa jenazah almarhumah sang bunda akan dimakamkan Sabtu, 18 Januari 2020 besok di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

Baca Juga : Artis Ria Irawan Meninggal, Habis Lawan Kanker Getah Bening Kini Direnggut Endometrium


"Pemakaman dilakukan besok pukul 10.00 pagi di Tanah Kusir. Kemungkinan akan dimakamkannya sama dengan makam bapak saya almarhum. Ya ditumpuk," kata Adhi Bambang Irawan saat ditemui di rumah duka, Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Aktris yang memiliki nama asli  Arzia Dahar ini  meninggal dunia dalam perawatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Ade sempat menangis karena merasa kesepian setelah salah satu anaknya, Ria Irawan, meninggal dunia pada 6 Januari 2020. Aktris Ria Irawan meninggal dunia setelah menderita penyakit kanker yang cukup lama dideritanya.

"Ibu ada perkataan terakhir yang bilang ke suster yang merawatnya, kalau dia merasa kesepian di rumah karena enggak ada orang," kata Adhi saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Adhi mengatakan, selama beberapa bulan terakhir, ibunya cukup dekat dengan suster yang merawatnya.

Bahkan, Ade Irawan sempat meminta untuk disediakan wig beberapa hari sebelum meninggal.

"Terakhir ada beliau (Ade Irawan) bilang sama susternya, dia tuh pengen nyobain wig," kata Adhi.

Menurut Adhi Bambang Irawan, kondisi fisik terakhir sang bunda sebelum wafat sudah lemas.

"Kondisinya udah lemes ya karena fisiknya udah kurang kuat untuk menanggung penyakit itu," kata dia seperti dikutip dari Antara.

"Iya almarhumah menolak tindakan lebih lanjut karena sudah enggak kuat lagi. Jadi ya, kita bebasin dia," tambah dia.

Jenazah ibu mendiang Ria Irawan itu disemayamkan di rumah duka yang berada di Jalan Anggrek Lestari Indah Blok N No. 11, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Ade Irawan lahir pada 5 April 1937. Wanita yang memiliki nama asli Arzia Dahar adalah aktris senior Indonesia.

Selain itu, wanita berdarah Minang ini merupakan istri dari Bambang Irawan,  yang juga aktor dan sutradara Indonesia.

Tiga dari lima anak mereka, Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi Irawan, dan Ria Irawan mengikuti jejak di dunia film.

Kenangan Indro

Sementara itu komedian senior Indro Warkop mengenang sosok Ade Irawan sebagai salah seorang seniornya di industri perfilman Indonesia.

Menurut dia, Ade Irawan merupakan sosok yang menghargai waktu dan selalu peduli terhadap sesama.

"Beliau senior saya banget. Gimana sih artis zaman dulu. Saya selalu senang bagaimana dia menghargai waktu, menghargai semua, menghargai kru. Itu yang susah didapat," kata Indro saat ditemui di rumah duka Ade Irawan di Lebak Bulus, Jakarta, Jumat.

"Itu yang dulu sebenarnya kita tiru bagaimana menghargai waktu, on time," tambah Indro.

Walaupun usia Indro terpaut jauh dengan Ade Irawan, namun keduanya bisa dibilang mengawali karir di industri perfilman bersama-sama.

"Walaupun saya enggak seumuran tapi bisa dibilang kita berangkat sama-sama. Ria juga kan suka nongkrong di Prambrors, zaman kita masih di Prambors," ujarnya. (wis)


×
Berita Terbaru Update