Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Belajar Tarian Minang dan Bermain Angklung di Fredrikstad, Norwegia

Friday, January 31, 2020 | 23:38 WIB Last Updated 2020-01-31T16:41:32Z


FREDRIKSTAD  (DutaJatim.com) - Kesenian dan kebudayaan Indonesia kembali mendapatkan apresiasi yang meriah dari publik di Norwegia.

Kali ini sambutan yang sangat hangat diberikan oleh publik dari Østfold University College di Kota Fredrikstad, Norwegia, atas penampilan tarian dan musik yang ditampilkan oleh Sanggar Rumah Gadang Indonesia dari Provinsi Sumatera Barat dan Saung Angklung Udjo dari Provinsi Jawa Barat dalam acara Indonesian Cultural Night di Fredrikstad pada Kamis tanggal 30 Januari 2020 malam. 

Pertunjukan yang dihadiri oleh sedikitnya 70 orang penonton tersebut digelar sebagai bagian memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Norwegia. 


Kegiatan ini sekaligus juga untuk merayakan hari jadi ke-70 hubungan diplomatik Indonesia dan Norwegia. 



Duta Besar Republik Indonesia di Norwegia, Bapak Todung Mulya Lubis menyampaikan dalam sambutannya bahwa pertunjukan ini juga sekaligus adalah undangan kepada seluruh penonton yang hadir untuk berkunjung ke Indonesia. 


‘’Masyarakat Norwegia sudah banyak yang pernah ke Indonesia terutama ke Bali. Tetapi Indonesia bukan hanya terdiri dari Bali, namun lebih besar lagi. Oleh karena itu, Indonesian Cultural Night ini juga menjadi undangan untuk semua yang datang untuk ke Indonesia, melihat langsung dan merasakan keindahan seni dan budaya Indonesia’’, demikian disampaikan Dubes Mulya Lubis.

Dalam acara berdurasi satu jam tersebut, mendapat suguhan penampilan tarian berupa Tari Indang dan Tari Piring khas Sumatera Barat dan juga pertunjukkan musik Arumba dari Saung Angklung Udjo. 


Tidak hanya itu, para penonton juga berkesempatan untuk secara langsung belajar menarikan Tari Indang. Sebanyak 10 penonton sangat antusias untuk berpartisipasi dalam pelatihan singkat tersebut dan penonton yang duduk juga sangat antusias menyanyikan lagu ‘’dindin badindin oi dindin badindin’. 

Selain belajar menari, para penonton juga mendapat kesempatan untuk memainkan angklung yang dipandu langsung oleh tim dari Saung Angklung Udjo. 

Mereka sangat senang dapat bersama-sama memainkan berbagai lagu, termasuk I Have a Dream dari ABBA dan Can’t Help Falling in Love dari Elvis Presley dengan angklung. 



Serge von Arx, Profesor dari Norwegian Theater Academy di Østfold University College mengatakan sangat senang pihak kampusnya dapat menjadi tuan rumah untuk pertunjukan ini. 


‘’Kami sangat antusias untuk acara ini. Penting bagi kami untuk dapat terus membuka wawasan mengenai seni dan budaya lain yang belum pernah kami ketahui sebelumnya, termasuk seni dan budaya dari Indonesia. Oleh karena itu, acara ini tentunya akan dapat membuka mata para mahasiswa, staf, dan pengajar serta keluarga dari Østfold University College mengenai Indonesia’’, ujar Serge. 

Acara yang dilaksanakan atas kerjasama antara KBRI Oslo dan Østfold University College ini ke depannya diharapkan dapat juga dijalankan di kota dan dikerjakan dengan bekerja sama dengan institusi lain. 

Nina Evayanti, pada Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Oslo, menyampaikan dukungan penuh atas kunjungan dari duta budaya Indonesia untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia di Norwegia.


‘’Kami di KBRI Oslo tentu sangat terbuka menerima kunjungan duta seni dan budaya dari Indonesia ke Norwegia, seperti Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jawa Barat saat ini. KBRI Oslo berkomitmen untuk dapat terus memperkenalkan dan mempromosikan seni dan budaya Indonesia serta mengundang masyarakat Norwegia untuk dapat berkunjung ke Norwegia’’, pungkasnya. (Gatot Susanto)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update