Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

In Memoriam Mien Sugandhi: Kontroversi Madame Syuga hingga Alya Rohali

Monday, January 6, 2020 | 12:05 WIB Last Updated 2020-01-06T05:05:21Z


JAKARTA (DutaJatim.com) - Mantan Menteri Urusan Peranan Wanita Mien Sugandhi meninggal dunia Minggu malam kemarin. Jenazah almarhumah disemayamkan dan dishalatkan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Jakarta sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata.

Jenazah tiba Senin 6 Januari 2020 sekitar pukul 10.15 WIB dan disemayamkan di Ruang Media Center Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk kemudian dishalatkan
 
Mien Sugandhi meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat Gatot Subroto pada Minggu (5/1) pukul 21.50 WIB.
 

Mien terlahir dengan nama Siti Aminah pada 28 Juli 1934. Pada 1977 hingga 1993 dia merupakan anggota DPR dari Golongan Karya dan pada 1993 hingga 1998 menjadi Menteri Urusan Peranan Wanita di bawah Presiden Suharto.

Kontroversial

Menurut catatan wikipedia.org, Mien memperoleh gelar Doktor dari Northern California Global University, Amerika Serikat, pada tahun 2001. Dan menerima anugerah “Bintang Mahaputera Adipradana” dari Pemerintah RI pada tanggal 17 Agustus 1996 saat masih menjabat sebagai Menteri.

Mien Sugandhi termasuk perempuan tangguh yang juga diwarnai kontroversi.

Saat menjabat sebagai Menteri, misalnya, Mien Sugandhi pernah melontarkan pernyataan kontroversial berupa deportasi Istri Sukarno, Ratna Sari Dewi kembali ke Jepang karena bukunya yang berisi foto telanjang Madame Syuga, dianggap mempermalukan citra Indonesia. Namun hal ini kemudian diralat oleh Menteri Kehakiman, Oetoyo Oesman, bahwa yang dilarang hanyalah buku tersebut, bukan orangnya.

Pada tahun 1996, ia berseteru dengan Ketua Yayasan Putri Indonesia, Mooryati Sudibyo, karena pengiriman Alya Rohali sebagai wakil Indonesia di ajang Miss Universe. Sebenarnya Alya Rohali hanya datang sebagai participating observer, tetapi ternyata ikut berfoto mengenakan baju renang sehingga mengundang kemarahan Menteri Urusan Peranan Wanita sehingga sempat mengancam akan memanggil Yayasan Putri Indonesia ke DPR.

 Ia menyatakan sangat keberatan karena awalnya hal ini dianggap koleksi secara pribadi, tetapi kemudian bocor ke media massa.

Mien Sugandhi adalah salah satu politikus yang dekat dan dipercayai Suharto. Ia ikut hadir di acara Haul ke 3 meninggalnya Soeharto, bersama mantan pejabat lainnya.

 Ia juga orang yang dititipi pesan oleh Tien Suharto agar pemimpin Golkar tidak lagi mencalonkan Suharto pada tahun 1996, tetapi oleh pemimpin tersebut tidak diindahkan, dan Suharto kembali menjadi Presiden hingga kejatuhannya pada 1998. Mien sangat menyesali penolakan tersebut.

Dan pada saat-saat terakhir meninggalnya Suharto, pada tanggal 6 Januari 2008 ia sempat menjenguk dan mengabarkan bahwa kondisi Suharto sudah membaik, mampu bicara jelas, dan mukanya kembali merah. Mien Sugandhi juga memberi pembelaan bahwa meski Suharto memiliki kekurangan sebagai pemimpin, tetapi ia memiliki banyak jasa kepada bangsa dan negara. (ncd/ant)





No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update