-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jokowi Bikin Sandiaga Uno Jadi Bintang

Thursday, January 16, 2020 | 3:58 AM WIB Last Updated 2020-01-15T20:58:47Z

JAKARTA (DutaJatim.com) - Mantan calon wakil presiden pada Pilpres 2019, Sandiaga Uno, menjadi bintang pada acara Pelantikan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022 yang digelar di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (15/1/2020). 

Hal itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menyinggung nama Sandiaga Uno sebagai tokoh yang berpeluang menduduki kursi orang nomor satu di Indonesia pada Pilpres 2024 mendatang.

Dalam kesempatan itu Jokowi menyatakan tak menutup kemungkinan sosok yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno itu akan menggantikannya sebagai presiden pada Pilpres 2024. Awalnya, saat memberi sambutan dalam acara Pelantikan Pengurus HIPMI periode 2019-2022 itu, Kepala Negara menyapa Sandiaga sebagai salah satu tokoh senior di HIPMI. "Yang saya hafal hanya satu, Bapak Sandiaga Uno," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi tiba-tiba langsung menyinggung soal calon penggantinya bila nanti sudah tidak menjabat sebagai kepala negara lagi. Dia pun meminta seluruh peserta acara berhati-hati karena calon penggantinya berada di ruangan itu.

"Hati-hati 2024," katanya sembari tertawa.

"Tadi disampaikan Ketua Pembina HIPMI (Bahlil Lahadalia) bahwa 2024 kemungkinan Beliau (pengganti Jokowi) yang hadir di sini adalah kandidat. Ya, kandidat yang kemungkinan besar akan menggantikan saya. Dan saya meyakini itu, tapi saya tidak menyebutkan orangnya siapa, bahwa tadi yang baru berdiri tadi," sambungnya.

Pernyataan Jokowi itu sontak langsung disambut meriah oleh para peserta acara yang sebagian besar merupakan anggota HIPMI. Mereka bertepuk tangan sambil tertawa seolah tahu tokoh yang dimaksud oleh Jokowi.

Sementara Dewan Pembina HIPMI Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum juga sempat menyinggung nama Sandiaga. Lagi-lagi dia menyebut Sandiaga kemungkinan akan menggantikan Jokowi. 

Bahlil yang kini ditunjuk Jokowi menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengaku sudah mengetahui itu sejak masa Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 lalu.

"Bang Sandi ini sebenarnya sudah tahu kalau Bapak (Jokowi) akan menang lagi. Dia bilang sama saya daripada lihat orang lain yang ikut berkompetisi mendingan keluarga besar HIPMI saja," kata Bahlil yang kemudian disambut tepuk tangan para peserta acara.

"Dia sudah tahu dari awal memang agak berat untuk menang, tapi daripada untuk yang lain ya udah dari HIPMI. Sudah komunikasi pak sama saya, saya bilang Bang Sandi tenang Adinda di BKPM, tapi Abang back up BKPM de facto," sambungnya.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno merupakan calon wakil presiden yang mendampingi calon presiden Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 lalu. Namun, keduanya kalah dari Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Namun demikian Prabowo kemudian menjabat sebagai Menteri Pertahanan, sementara Sandiaga Uno sempat disebut-sebut sebagai calon menteri tapi kemudian memilih di luar pemerintahan tapi siap membantu bila dibutuhkan oleh kabinet. 

Gelagat Sandiaga akan dijagokan menjadi capres dalam pilpres 2024 mendatang antara lain terlihat dari bergabungnya dia kembali ke Gerindra. Tentu saja ini bila Prabowo tidak mencalonkan lagi. Namun banyak kalangan menilai mantan Danjen Kopassus itu sudah menyiapkan Sandiaga sebagai capres dari Gerindra di tahun 2024. (wis) 

Foto: Liputan6.com

#jokowijagokansandi
#sandiagauno
#himpi
#pengurushipmi


×
Berita Terbaru Update