-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden Kunjungi Labuan Bajo: Destinasi Wisata Super Premium

Sunday, January 19, 2020 | 3:04 PM WIB Last Updated 2020-01-19T08:04:00Z

LABUAN BAJO (DutaJatim.com) - Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggunakan pesawat Kepresidenan untuk melakukan kunjungan kerjanya selama dua hari di kawasan wisata tersebut, Minggu 19 Januari 2020. Orang nomor satu di Indonesia itu didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Saat turun dari pesawat kepresidenan, Presiden Jokowi langsung dijemput oleh Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat dan istrinya.

"Pak Presiden sudah tiba, untuk hari ini tak ada kegiatan kunjungan kerja. Beliau hanya ingin berkumpul bersama keluarganya di Labuan Bajo, " kata Karo Humas Pemprov NTT Marius Jelamu di Bandara Komodo Labuan Bajo, Minggu (19/1/2020).

Dia mengatakan Presiden Jokowi mulai melakukan kunjungan kerja pada hari Senin (20/1) besok dan pada Selasa (21/1). Pada Senin, Presiden Jokowi meninjau dermaga peti kemas yang akan dibangun oleh Pelindo.  Lalu meresmikan Hotel Inaya yang dibangun oleh PT ASDP Indonesia Ferry dan PT PP. Selanjutnya Selasa (21/1) Presiden Jokowi akan membagi-bagikan ratusan sertifikat tanah kepada ratusan masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama untuk memberlakukan sistem kuota bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Labuan Bajo, termasuk kawasan Taman Nasional Komodo di NTT. Jokowi meminta Labuan Bajo dijadikan destinasi wisata super premium. 

"Labuan Bajo ini super premium. Ini hati-hati. Saya sudah ingatkan hati-hati. Jangan sampai campur aduk super premium dengan yang menengah bawah," ujar Jokowi saat membuka Kompas 100 CEO Forum di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019) lalu. 

Berdasarkan catatan Kompas.com selama berada di Labuan Bajo destinasi ini sebenarnya punya pasar terbagi dua. Di satu sisi banyak hostel dan pasar murah yang memang ditujukan bagi wisatawan berbujet pas atau disebut backpacker. Di sisi lain, Labuan Bajo juga punya resort bintang lima, kapal pesiar ribuan dollar per hari, dan restoran mahal. 

Fasilitas ini bahkan sampai dipakai oleh selebriti Hollywood. Berikut ini adalah kisaran harga liburan backpacker dan liburan mewah di Labuan Bajo. 

1. Menginap di hostel atau homestay

Ada hostel dan homestay yang dapat diinapi mulai harga Rp 150.000 per malam. Saat musim sepi pegunjung, jika pergi rama-ramai sebenarnya bisa melakukan negosiasi harga dengan pemilik akomodasi untuk dapat diskon. 

2. Sewa motor 

Trayek dan jumlah transportasi umum di Labuan Bajo belum begitu banyak. Jadi rekomendasi terbaik untuk mengelilingi Labuan Bajo adalah dengan menyewa motor mulai Rp 50.000 per hari. Harga ini tentunya bisa naik jika musim liburan tiba. 

3. Makan di warung 

Jika ingin murah jangan makan di restoran atau tempat yang banyak dikunjungi turis. Makanlah di warung makan yang banyak warga lokal. Paling mudah pergilah ke daerah pasar tradisional dan mencari makanan di sana. Harga makanan berkisar Rp 15.000 - Rp 35.000 sekali makan. 

4. Sewa kapal bemo 

Inilah bujet tertinggi saat berlibur di Labuan Bajo. Untuk mengunjungi komodo, snorkeling, dan hoping islands butuh menyewa kapal. Kapal paling murah adalah kapal bemo (kapal kayu klotok). 

Untuk dapat harga paling murah, pergilah langsung ke pelabuhan kapal wisata dan lakukan tawar menawar dengan pemilik kapal. Biasanya tarif sewa perhari Rp 2 juta untuk 
8 orang, jadi satu orang dikenakan kisaran Rp 250.000. 

5. Living on Board (LoB) di kapal sederhana 

Cara paling ringkas untuk menyatukan tiga pengeluaran di atas adalah dengan LoB. Kisaran harganya Rp 1,6 juta per orang untuk wisata empat hari tiga malam di perairan TN Komodo. Harga tersebut tentunya sudah termasuk makanan selama di kapal, diantarkan keliling pulau, dan tidur di kapal. 
Hanya saja ada harga ada kualitas. Siap siap berwisata dengan 25 orang lain di satu kapal tersebut. 

Biaya liburan mewah Labuan Bajo

1. Menginap di resort bintang lima 

Saat ini hotel dengan peringkat tertinggi di Labuan Bajo masih dipegang oleh Ayana Komodo Resort Waecicu Beach. Harga menginap permalam, sekitar Rp 239 dollar AS per malam atau sekitar Rp 3,4 juta. 

2. Makan di restoran hits 

Labuan Bajo punya banyak restoran hits dengan pemandangan yang menakjubkan. Menu hidangan terdiri dari makanan Indonesia, Asia, dan Barat. Siapkan minimal Rp 150.000 per orang untuk makan dan minum, sekali bersantap. 

3. Sewa mobil 

Sewa mobil di Labuan Bajo mulai Rp 500.000 untuk enam jam pemakaian. 

4. Sewa kapal yacht 

Tentunya agar perjalanan menyenangkan kapal cepat dengan fasilitas mumpuni menambah senang one day tour atau perjalanan wisata sehari. Kapal yacht dari Palataran Komodo Resort & Spa ini dengan mesin dengan kecepatan 4.500 rpm, fasilitas kamar tidur, toilet, ruang tamu dalam ruang, dan ruang tamu terbuka dihargai Rp 20-30 juta untuk sewa sehari. 

5. Living on Board (LoB) di kapal pesiar 

Ingin merasakan liburan mewah, bisa merasakan menginap di kapal pesiar mewah. Kapal pesiar paling mewah dengan fasilitas super premium dan harga paling mahal di perairan TN Komodo saat ini dipegang oleh Lamima. Harga sewa kapal ini 20.000 dollar AS per malam atau setara Rp 280 juta untuk maksimal 14 orang tamu.  (kcm/wis)

Foto: Presiden Jokowi di Labuan Bajo. (kompas.com)

×
Berita Terbaru Update