-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jarkom Desa Gelar Pelatihan: Memakmurkan & Memuliakan Desa Melalui BUMDESA

Saturday, February 15, 2020 | 9:26 AM WIB Last Updated 2020-02-15T04:09:38Z



LAMONGAN (DutaJatim.com) - Jaringan Komunikasi Desa (Jarkom Desa) Kabupaten Lamongan menggelar acara pengembangan pelatihan BUMDESA (Badan Usaha Milik Desa) dengan mendatangkan orang-orang profesional sebagai narasumber. Para pemateri di antaranya Dr. Sutoro Eko Yunanto, Anom Surya Putra, Arif Kartika Candra, dengan moderator Mahrus Ali. Acara yang mengambil  tema "Memakmurkan dan Memuliakan Desa Melalui BUMDESA"  ini dilaksanakan selama dua hari Jumat dan Sabtu tanggal 14-15 Februari 2020.


"BUMDESA diharapkan bisa menggali potensi desa agar bisa memakmurkan serta memuliakan masyarakat desa. Hal inilah yang menjadi perhatian serius Jarkom Desa Kabupaten Lamongan tergerak untuk mengadakan FGD (Forum Group Discussion) Jumat (14/02/2020) di aula Aqilah Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan Jawa Timur", ujar Afan Zubaidi Ketua Jarkom Desa Kabupaten Lamongan





Kegiatan pelatihan Jarkom Desa ini diikuti oleh perwakilan BUMDESA setiap kecamatan satu desa. Selain itu pihaknya  juga  mengundang camat, direktur BUMDESA, kepala desa beserta bendahara desa.


Selain itu, kata Afan, setiap pegiat BUMDESA bisa bekerja maksimal. Sesuai tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan inovasi desa melalui BUMDESA di mana beberapa macam kegiatan dalam BUMDESA antara lain SPP (Simpan Pinjam Perempuan), pariwisata, pengelolaan air bersih, dll. Diharapkan BUMDESA nantinya bisa mengembangkan potensi yang ada di desa masing-masing.

Setelah pelatihan apa yang diharapkan oleh Jarkomdes?Afan menjelaskan,  setelah kegiatan ini agar peserta benar-benar melaksanakan ilmu yang didapat dalam pelatihan kali ini. Selanjutnya  pihak Jarkomdes akan melakukan pengawalan sejauh mana perkembangannya.

"Pihaknya juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Lamongan juga bisa terlibat dalam melakukan pelatihan serta pembinaan agar nantinya BUMDESA tidak selalu bergantung pada pemerintah akan tetapi BUMDESA bisa mandiri," pinta Afan Zubaidi.

Salah satu narasumber Dr. Sutoro Eko Yunanto menjelaskan, keberadaan BUMDESA seharusnya bisa meningkatkan potensi yang ada di desa dan bermanfaat bagi masyarakat desa itu sendiri. Jika BUMDESA bisa dikelola dengan baik pasti tujuan yang jelas demi kemakmuran masyarakat desa akan tercapai.


Sutoro Eko pun mengajak sekaligus membangkitkan semangat para pelaku BUMDESA, karena masih banyak dijumpai BUMDESA tidak maksimal dalam pengelolaan usahanya.

Ditambahkan oleh Sutoro,  bila BUMDESA dikelola dengan baik niscaya keberadaan BUMDESA bisa memakmurkan dan memuliakan masyarakat desa. Untuk itu perlu keseriusan dalam pengelolaan BUMDESA itu sendiri.

“ BUMDESA kalau dikelola dengan baik manfaatnya serta keberadaan BUMDESA nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat, sehingga aset-aset utama di setiap desa bisa ditingkatkan,” tegas Sutoro usai acara pelatihan. (ful)

×
Berita Terbaru Update