-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

MUFFEST 2020 & Kampanye Industri Fashion Ramah Lingkungan

Senin, 17 Februari 2020 | 11.33 WIB Last Updated 2020-02-17T04:33:08Z


JAKARTA (DutaJatim.com) - Busana muslim ala Indonesia semakin mendunia. Tren-tren busana muslim Indonesia, khususnya hijab, juga semakin banyak dipakai oleh kalangan muslimah di sejumlah negara. Selain menyangkut syiar agama Islam, tren ini merupakan perkembangan positif bagi industri fashion muslim di tanah air.

Salah satu yang membuat busana muslimah mendunia adalah seringnya digelar pameran fashion muslim, seperti Indonesia Hijab Fest yang digelar pertama kali tahun 2012.

Selain itu, juga Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 yang sebentar lagi   digelar pada 20-23 Februari 2020 di Jakarta Convention Center. Ajang pameran busana muslim ini diadakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama dengan Dyandra Promosindo selaku event organizer.

Sejumlah keistimewaan dari gelaran  MUFFEST 2020 ini, antara lain:

1.  Menghadirkan tamu istimewa  fashion blogger influencer dari New York, Amerika Serikat, Summer Albarcha.

Summer Albarcha dikenal dengan julukan Hipster Hijabis yang populer di Instagram dengan followers lebih dari 550 ribu.

2.  Luas area  pameran  lebih besar dibanding MUFFEST tahun 2019. Hal ini  memberi keleluasaan pengunjung untuk melihat seminar, fashion show, dan pameran busana muslim lain.

3. Indonesian Fashion Chamber (IFC) selaku penyelenggara MUFFEST pun menargetkan 55.000 pengunjung dengan transaksi sekitar Rp 43 miliar.

4. Menjadi bagian dari gerakan peduli  lingkungan. MUFFEST memberikan informasi sekaligus kampanye mengajak para pengunjung serta pelaku industri fashion muslim untuk lebih peduli pada kelestarian bumi. Caranya dengan mendukung konsep upcycling, recycling, redesign, dan zero waste.


Sustainable fashion ini terkait dengan maraknya isu global warming, di mana  kontribusi fashion sangat besar bagi  pencemaran lingkungan. Seperti kita ketahui industri fashion banyak  yang tak memperhatikan dampak sampah yang tidak bisa terurai.

Berdasarkan data dari Ellen MacArthur Foundation, limbah bisnis busana di dunia mencapai US$500 miliar per tahun atau setara Rp7,1 triliun. Limbah industri mode itu antara lain dari kain perca, di mana 15 persennya terbuang saat pemotongan. Ditambah 1,5 juta ton serat sintesis yang terbuang ke laut setiap tahun, semua itu dapat merusak ekosistem alam.

Karena itu industri fashion muslim harus memelopori  tren fashion ramah lingkungan dengan menampilkan karya berkualitas tinggi dan  inovatif,  serta memakai teknologi
yang memungkinkan menghindari dampak buruk bagi alam lingkungan kita. Bila hal itu bisa diwujudkan melalui MUFFEST 2020, bisa dipastikan Indonesia akan menjadi kiblat fashion muslim dan pameran fashion muslim terbesar di dunia.

Gandeng Pelaku UKM

MUFFEST 2020 juga menggandeng para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjadi pendukung industri fashion melalui berbagai produk turunan fashion yang mereka hasilkan.

MUFFEST diharapkan bisa berkontribusi bagi ekonomi nasional dengan memajukan dan mendorong potensi industri fashion muslim baik dari tingkat terkecil hingga terbesar.

Pelaku UKM fashion muslim juga semakin melek teknologi. Selain membuka  toko hijab mereka juga membuka  toko hijab online. Kecenderungan memakai teknologi informasi ini lantaran lebih efektif dan efisien, khususnya dalam promosi, marketing, dan transaksi, yang bisa dilakukan secara online dan lintas batas wilayah.

Dukungan Toko Hijab  Online

Saat ini banyak  produsen fashion di tanah air dengan kualitas berstandar internasional. Kualitas  produk-produk hijab misalnya sudah diakui oleh negara-negara lain di dunia. Khususnya negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.  Hal itu yang mendorong banyaknya toko hijab dan toko hijab online. Baik toko hijab maupun toko hijab online ini menjadi trigger bagi perkembangan industri fashion muslim di tanah air.

Salah satu toko hijab online yang menjual produk hijab berkualitas adalah hijab.id. Untuk melihat tren-tren gaya hijab berkualitas bisa mengunjungi hijab.id dengan hanya meng-klik alamatnya ini https://hijab.id. 




HIJAB.ID dikenal sebagai  pusat hijab printing di Indonesia. Hijab.id juga memiliki koleksi busana muslim terlengkap, terbaru, dan terkini. Setiap produknya dibuat dengan bahan berkualitas dan didesain dengan seksama agar tercipta produk yang nyaman dan elegan bagi pemakainya. Selain berbelanja online, kaum muslimah bisa langsung mengunjungi gerainya di Ruko Puri Dago A3, Jl.Terusan Jakarta,  Antapani, Bandung 40293.

Peran toko hijab online sangat besar dalam perkembangan industri busana muslim di tanah air. Mereka aktif melakukan promosi melalui lapak onlinenya ke berbagai penjuru dunia. Transaksi pun terjadi lintas batas negara, sehingga mendorong peningkatan ekspor busana muslim ke luar negeri. (gas)

×
Berita Terbaru Update