-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Siswa MAN 2 Kota Malang Juara 1 Nasional Olimpiade Fisika Eureka ITB

Senin, 17 Februari 2020 | 12.00 WIB Last Updated 2020-02-17T05:00:27Z


MALANG (DutaJatim.com) -  Siswa siswi sekolah Islam semakin banyak yang menunjukkan prestasinya. Bahkan di bidang non-agama. Misalnya prestasi bidang eksakta yang kembali diukir siswa madrasah.

Kali ini Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang yang berhasil mengantarkan dua siswanya sebagai juara di kancah nasional. Mereka adalah Lugas Firdinand Hamdi dan M. ‘Anin Nabail ‘Aazhim, keduanya dari XI IPA 8, meraih juara 1 Olimpiade Fisika Eureka ITB tingkat Nasional.

"Alhamdulillah, Lugas Firdinand Hamdi dan M. ‘Anin Nabail ‘Aazhim, keduanya dari XI IPA 8 meraih juara 1 Olimpiade Fisika Eureka ITB tingkat Nasional," kata Kepala MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah saat dihubungi di Malang, Senin (17/02/2020) pagi.

Menurut Binti Maqsudah, babak final ajang kompetisi ini berlangsung di Bandung, 8 - 9 Februari 2020. Eureka merupakan ajang tahunan kompetisi Fisika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Institut Teknologi Bandung (HIMAFI ITB). Kompetisi ini dilaksanakan secara beregu.

Babak Penyisihan even ini dilaksanakan pada 21 Desember 2019 secara serentak di Surabaya, Bali, Jogja, Bandung, Jakarta, Medan, Makassar, Palembang, Pontianak, dan Padang. Dari 67 tim yang ikut dalam tahap ini, dipilih 15 tim terbaik untuk masuk ke Babak Semifinal.

Babak semifinal dilaksanakan pada 8 Februari 2020 di kampus ITB, Bandung. Setiap tim diminta menyelesaikan masalah Fisika dan melakukan eksperimen. "Lima tim terbaik terpilih untuk masuk final, termasuk dari MAN 2 Kota Malang," jelas Binti Maqsudah.

Kelima tim finalis berasal dari SMA BPK Penabur, MAN 2 Kota Malang, SMA Kesatuan Bangsa Yogjakarta, SMA Santo Aloysius Bandung, dan SMAN 48 Jakarta.

Babak final berlangsung selang sehari, 9 Februari 2020. Finalis diberikan soal open problem, yang diselesaikan menggunakan metode fisika dan dipresentasikan di depan juri.  "Alhamdulillah tim MAN 2 Kota Malang menjadi yang terbaik, meraih juara 1," tandasnya.

Selama lomba di ITB,  tim ini didamping M. Daffa Adhitama, alumni MAN 2 Kota Malang lulusan tahun 2019 yang saat ini sedang kuliah di ITB. (kmg) 

×
Berita Terbaru Update