-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sempat Karantina Mandiri, Walikota Batu Bagi-bagi Tips Cegah Corona

Selasa, 24 Maret 2020 | 11.40 WIB Last Updated 2020-03-24T14:49:32Z


BATU (DutaJatim.com) - Walikota Batu, Jatim, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si,  sempat menjalani karantina dengan status ODP (Orang Dalam Pengawasan) Covid-19. Dewanti mengaku harus sabar selama masa karantina mandiri itu. Dia juga tidak segan-segan menceritakan pengalaman 14 hari karantina hingga akhirnya dinyatakan negatif COVID 19.

Terkait hal itu, istri mantan walikota Batu Eddy Rumpoko  ini, menceritakan kepada awak media jika dia  ODP Covid-19. 

"Saya pernah ke luar kota yang diindikasikan daerah merah. Saya juga pernah kontak dengan orang yang positif corona. Jadi saya berstatus ODP dan menjalani karantina selama 14 hari," kata Dewanti Rumpoko di Pendopo Balai Kota Among Tani Kota Batu, Senin (23/3/2020).



Dosen Unmer Malang ini dengan kesadaran diri melakukan karantina mandiri. Dia menjalankan SOP dengan mengisolasi diri di rumah selama  14 hari. Karantina mandiri dilakukan sejak 7 Maret. 

"Selama 14 hari masa karantina, saya tidak mengalami demam dan batuk. Artinya saya bebas dari Covid-19. Begitu diperiksa tim medis, juga tidak ada indikasi corona," tambah dia. 

Dewanti juga meminta staf satu ruangan di Lantai 5 Balai Kota Among Tani juga menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Makanya, dia juga meliburkan staf satu ruangan. 


ODP harus tahu menjaga diri dan melakukan hidup sehat selama masa karantina. Dia tidak boleh bertemu orang lain. Corona menyerang siapa saja dan orang daya tahan tubuh lemah paling mudah terserang. Mereka paling rentan terdampak sudah berusia 60 keatas karena imun lemah. 

Dia selalu menjalani pola hidup sehat, makan- makanan sehat, memperbanyak sayur dan buah serta selalu dapat sinar matahari pagi. Dia juga tidak lupa olahraga, karena olahraga bisa mempertebal imun tubuh. 

Siapa saja juga tidak boleh cemas, apalagi melihat angka ODR dan ODP yang terus naik. Covid-19 bisa sembuh dengan pola hidup sehat. 

"Semua orang harus stay at home dan hidup sehat. Di China, 70 persen penderita covid-19 sembuh karena mengikuti instruksi pemerintah. Alhamdulillah, saya  dinyatakan negatif corona setelah isolasi diri selama14 hari," katanya. (ndc)

×
Berita Terbaru Update