-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Terharu, dr Gunawan Wakafkan Hidupnya untuk Tolong Pasien Covid-19

Thursday, March 19, 2020 | 12:31 AM WIB Last Updated 2020-03-18T17:31:27Z

JAKARTA (DutaJatim.com) - Dokter Handoko Gunawan ramai jadi perbincangan publik karena gigih menangani pasien COVID-19. Usianya sudah senja, 80 tahun, tapi dirinya tetap bekerja keras menangani pasien kasus virus Corona yang berisiko tinggi. Apalagi bagi yang berusia tua seperti Handoko. Semua Terharu, dr Gunawan Wakafkan Hidupnya untuk Tolong Pasien Covid-19

Informasi mengenai dr Gunawan beredar lewat Noviana Kusumawardhani di akun Facebooknya. Saat dihubungi Noviana mengaku mengetahui sepak terjang dr Gunawan dari jejaring pertemanannya. Gunawan adalah dokter paru yang bekerja menangani pasien COVID-19 di Rumah Sakit Grha Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yang handle covid, dokter Gunawan, ahli paru di Graha Kedoya, usia sudah mendekati 80. Saat ini beliau terus kerja sampai jam 3 pagi. Anak-anaknya udah saranin jangan ikut terjun karena sudah tua tapi katanya kalau dia mati juga gak apa-apa. Mestinya kita mulai start berita-berita seperti ini ya, daripada nebarin ketakutan terus. Beliau adalah dokter Handoko Gunawan, dokter spesialis penyakit paru di RS Graha Kedoya. Alumni SMAK I. Pengabdiannya luar biasa untuk kemanusiaan. #pahlawancovid19," kata Noviana lewat pesannya Rabu (18/3/2020).

Namun kerja keras dokter Handoko Gunawan harus terhenti sementara. Pria ini jatuh sakit. Hal ini dikabarkan oleh keluarga pasien dr Gunawan, yakni Cyrena Daisy Araina (52). Mendiang ayah Cyrena adalah pasien dr Gunawan dan keluarga Cyrena sering berobat ke dr Gunawan, yang berpraktik di Rumah Sakit Grha Kedoya, Jakarta Barat.

Namun demikian  Dokter Gunawan kondisinya kini sudah membaik.  "Sekarang kata dokter lain di RS Grha Kedoya, kondisi dr Handoko Gunawan sudah stabil di Rumah Sakit Persahabatan," kata Cyrena Rabu (18/3/2020).

Cyrena bersimpati atas aksi heroik dr Gunawan, begitu pula publik. Pagi ini, tagar #dokterhandokogunawan sempat melejit. Handoko menjadi salah satu trending di Twitter. Dia menjadi trending karena kondisinya yang drop dan masuk ICU.

"dr Handoko sekarang sudah di ICU. Sesak napas. Plis pray for him. A very dedicated dokter. Sejak WKS nya dia di Kalimantan, naik sampan mengunjungi desa-desa di sepanjang sungai. Bayarannya sayur dan buah-buahan. Kadang-kadang saja ada penduduk yang berikan ayam," tulis salah satu warganet @elsyandria di Twitternya.

Di saat banyak orang marah terhadap pemerintah,  kita sampai lupa bahwa masih banyak para pahlawan yang rela berkorban untuk menjadi bagian besar melawan covid-19. "Salah satunya dr Handoko ini, respect dengan pengabdiannya! Di mana pun kalian semua, mari kita doakan beliau," katanya.

Semua Terharu, dr Gunawan Wakafkan Hidupnya untuk  Tolong Pasien Covid-19. 

Sebuah foto dan penjelasan mengenai kondisi dokter Handoko tersebar di media sosial, Rabu (18/3/2020). Ia tampak terbaring dengan selang infus dan dikatakan mengalami sesak napas sampai dirawat di ICU.  Viralnya nama dokter Handoko Gunawan dan kesehatannya menjadi perhatian sederet public figure Tanah Air, salah satunya Kirana Larasati. Bintang Purple Love ini turut mendoakan kesehatan sang dokter. “Mari kita doakan lebih kuat lagi,” tulis aktris 32 tahun ini di Instagram.

Tak sedikit selebriti yang membalas postingan Kirana Larasati dengan emoji tangan terkatup seolah berdoa. Mereka di antaranya Chicco Jerikho, Ayla Dimitri, Titi Kamal hingga Asri Welas.

Selain Citra Kirana, ada pula pengacara nyentrik Hotman Paris Hutapea. Pria 60 tahun ini mengapresiasi kinerja sang dokter. “Dokter Gunawan berbuat heroik dalam bidang kedokteran!” tulis Hotman Paris di Instagram,  Rabu (18/3/2020).
Ia menambahkan, “Orang yang mampu berbuat baik untuk orang lain hatinya akan tenang dan tidur nyenyak,” katanya lagi. (det/okz/vvn)


×
Berita Terbaru Update