Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Awas, Laki-laki Usia Muda di Jatim Rawan Corona!

Wednesday, May 13, 2020 | 22:04 WIB Last Updated 2020-05-13T15:04:08Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Kelompok rawan terserang virus Corona diungkap. Misalnya di Medan Sumatera Utara ternyata kebanyakan orang dari kalangan menengah ke atas terbanyak terkena Covid-19. Sedang penderita Covid-19 di Jawa Timur ternyata terbanyak berjenis kelamin laki-laki. Jumlahnya 56,75 persen pasien Corona laki-laki. Sisanya 43,25 persen perempuan.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim, dr Joni Wahyuadi, mengatakan, pasien Corona di Jatim didominasi laki-laki di usia produktif 40-49 tahun. Ini perlu diperhatikan sebab selama ini usia rawan kena virus Corona adalah 50 tahun ke atas.

"Ini mesti kita perhatikan betul, memang untuk kasus yang confirmed itu umur 40-49 tahun, laki-laki lebih banyak dari perempuan," kata Joni saat ditemui di Surabaya, Rabu (13/5/2020).

Dia menilai kemungkinan hal itu karena laki-laki kurang menerapkan anjuran physical distancing dibanding perempuan. Padahal jaga jarak ini sangat penting. "Ini karena laki-laki banyak keluar untuk bekerja juga," katanya.

Selain itu, pada kasus orang dalam pemantauan (ODP) hingga orang tanpa gejala (OTG), kata Joni, lagi-lagi juga didominasi laki-laki. Namun lebih banyak pada usia anak muda.

"Nah, ODP juga demikian, laki-laki lebih banyak, tapi usianya lebih muda. Kalau OTG juga pada orang muda, hati-hati orang muda imunitasnya baik, virusnya masuk mampu dilawan, tapi tidak menimbulkan gejala. Usia lebih muda biasanya keluar rumahnya lebih banyak, makanya harus hati-hati," pesan Joni.

Sampai Rabu kemarin kasus positif Covid-19 di Jawa Timur bertambah sebanyak 117 pasien. Kini, total pasien yang terkonfirmasi positif menembus angka 1.766 orang. Dari total kasus tersebut, 1.322 pasien masih menjalani perawatan.

Berdasarkan data Pemprov Jatim, tambahan 117 pasien positif Corona ini terbanyak yakni 72 pasien dari Surabaya, 21 pasien dari Sidoarjo, 4 pasien dari Lamongan, 2 dari Kabupaten Malang, 9 dari Kota Kediri, dan 2 dari Bojonegoro.

Ada pula tambahan kasus 1 orang positif dari Jember, 1 pasien dari Tuban, 1 dari Kabupaten Mojokerto, dan 3 pasien positif corona dari Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, ada kabar baik dalam penanganan Covid-19 di Jatim. Tercatat ada tambahan 4 pasien yang dinyatakan sembuh. Rinciannya yakni 1 pasien dari Sidoarjo, 2 dari Lumajang, 1 pasien sembuh asal Kota Kediri.

Kini, total pasien di Jatim yang telah dinyatakan sembuh ada 278 orang atau tingkat kesembuhannya mencapai 15,74 persen.
Untuk tambahan pasien yang meninggal, ada 4 orang. Rinciannya 3 pasien yang meninggal dari Surabaya, 1 dari Sidoarjo. Kini, total pasien yang meninggal akibat COVID-19 menembus 166 orang atau setara 9,40%.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat ada 4.372 dan yang diawasi tinggal 1.963. Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) kini jumlahnya sebanyak 21.738 dan yang masih dipantau hanya 4.295. (det/nas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update