Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gubernur Khofifah Tinjau Pasar Manyar, Pedagang dan Pembeli Siap Sambut New Normal

Kamis, 04 Juni 2020 | 15.15 WIB Last Updated 2020-06-04T08:15:12Z


SURABAYA (DutaJatim.com) -  Gubernur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa, mendorong seluruh daerah di Jawa Timur, mempersiapkan new normal life. Caranya, dengan kehidupan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Imbauan itu disampaikan Khofifah  saat bersama Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah meninjau pasar tradisional di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kab. Gresik, Kamis 4 Juni 2020. Pasar ini  sejak pandemi Covid-19 telah menerapkan protokol kesehatan.

Di antaranya, disediakannya wastafel cuci tangan plus sabun di sejumlah titik, pembeli dan penjual wajib bermasker, los pasar diberi jarak, dan diatur ganjil genap giliran saat berjualan.

Disambut Bupati Gresik Sambari, Khofifah dan Forkopimda Provinsi Jatim, di lokasi pasar mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin jelang masa transisi menuju new normal. 

Kata Khofifah proses transisi saat ini sudah dilakukan oleh Malang Raya pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 




Di Malang Raya telah memenuhi syarat proses penurunan angka yang terkonfirmasi positif sudah semakin signifikan. Selain itu fasilitas kesehatan sudah tersedia dan dipastikan bisa memberikan layanan bagi pasien Covid-19. 

"Maka sebetulnya proses untuk mengambil keputusan adalah masa transisi pasca PSBB. Menurut pedoman WHO ada enam item," ungkap Gubernur Khofifah saat meninjau Pasar Manyar Gresik, Kamis (4/6/2020). 

Enam item antara lain penyebaran Covid-19 bisa terkontrol, layanan kesehatan terpenuhi baik rapid test, PCR maupun treatment, perlindungan bagi kelompok rentan dan partisipasi masyarakat. 

"Ada angka secara epidemiologi yang akan dijadikan alat pengontrol untuk mengambil keputusan transisi new normal," kata Khofifah. 

Tidak hanya itu saja. Gubernur Khofifah juga berharap Kampung Tangguh mampu mengawal masyarakat dalam masa transisi ini. 

"Nah, pengawalan kedisiplinan tetap menjadi bagian sangat penting supaya tidak ada second waves yang sedang terjadi di beberapa negara," imbaunya.

Salah satu yang harus diantisipasi adalah pusat kerumunan seperti pasar tradisional. 

Maka dari itu Gubernur Khofifah meninjau format Pasar Manyar Gresik di mana para pedagang dilengkapi alat perlindungan diri mulai masker hingga face shield. Pembeli juga harus mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.(ima/ndc)
×
Berita Terbaru Update